SINTA, RODIYAH (2024) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DI MTs NEGERI 1 PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Mengamati fenomena dan kesenjangan saat ini bahwa krisis akhlak yang terjadi pada siswa sekolah menimbulkan berbagai persoalan seperti,tawuran, tindak kriminal dan pergaulan bebas. MTs Negeri 1 Pesawaran sebagai salah satu lembaga pendidikan islam memiliki tanggung jawab besar mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat, termasuk karakter religius. sebagai lembaga pendidikan islam negeri yang menerima siswa dari berbagai latar belakang tantangan untuk menginternalisasikan nilai-nilai keislaman dalam lingkungan sekolah menjadi permasalahan yang menarik untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini berfokus pada kegiatan Manajemen Kesiswaan dalam Internalisasi Nilai-nilai keislaman. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui analisis kebutuhan, seleksi, orientasi pengelompokan serta pembinaan dan pengembangan peserta didik dalam mendukung internalisasi nilai-nilai keislaman di MTs N 1 Pesawaran. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data, menggunakan reduksi data, penyajian data,penarikan Kesimpulan dan verifikasi, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun Hasil penelitian menunjukkan:1) Analisis Kebutuhan Peserta didik dilakukan dengan ; a) menentukan jumlah peserta didik b) Menyusun program kegiatan keagamaan baik pada aspek akademik dan non akademik c) Merencanakan penerimaan peserta didik dengan pembagian tugas dan membentuk panitia kegiatan Ubudiyah 2) Seleksi peserta didik dilakukan tes ujian pengetahuan umum dan tes baca tulis al-qur’an 3) Orientasi Peserta didik dilakukan, dengan pengenalan tata tertib, sosialisasi yang diberikan guru agama sebagai pemateri, kemudian menerapkan budaya wajib sholat dhuha, sholat dzuhur, kegiatan mengaji sebelum KBM,dan penerapan Pengamalan 5S (Senyum, Sapa,Salam, Sopan dan santun). 4) Pengelompokan peserta didik berdasarkan hasil tes keagamaan dan kemampun peserta didik 5) Pembinaan dan Pengembangan peserta didik dilaksanakan 2 Aspek yaitu kurikuler ektrskurikuler serta pengawasan berkelanjutan dengan kartu Monitoring kegiatan ubudiyah. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Internalisasi Nilai-nilai keislaman ABSTRAK iii ABSTRACT Observing the current phenomena and gaps that the moral crisis that occurs in school students gives rise to various problems, MTs Negeri 1 Pesawaran as one of the Islamic education institutions has a big responsibility to produce a young generation who is not only academically intelligent, but also has strong character, including religious character. As a state Islamic education institution that accepts students from various backgrounds, the challenge of internalizing Islamic values in the school environment is an interesting problem for further research. This research focuses on Student Management activities in the Internalization of Islamic Values. The aim of this research is to determine needs analysis, selection, grouping orientation as well as coaching and development of students in supporting the internalization of Islamic values at MTs N 1 Pesawaran. This research uses a descriptive qualitative approach method with the type of field research. Data collection techniques include interviews, observation and documentation. Data analysis techniques, using data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification, checking data validity using source triangulation. The research results show: 1) Analysis of Student Needs was carried out by; a) Deliberation to determine the number of students b) Arranging a program of religious activities both in academic and non�academic aspects c) Planning student admissions 2) Student selection is carried out by a general knowledge test and an Al-Qur’an reading and writing test 3) Student orientation carried out, with the introduction of rules, socialization provided by the religious teacher as a speaker, then implementing the culture of obligatory midday prayers, noon prayers, Koran recitation activities before KBM, and implementation of 5S practices (Smile, Greet, Greeting, Polite and polite). 4) Grouping of students based on test results and students’ abilities 5) Guidance and development of students is carried out in 2 aspects, namely extra-curricular curricular and ongoing supervision with a monitoring card for ubudiyah activities. Keywords: Student Management, Internalization of Islamic Values
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 03:26 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 03:26 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34913 |
Actions (login required)
View Item |