ARDI, MUKTI (2024) PROGRAM CELENGAN (KENCLENG) DALAM MENINGKATKAN KESALEHAN SOSIAL SISWA DI SD IT TUNAS INSAN CENDEKIA KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Kesalehan yang dipahami oleh mayoritas umat Islam adalah kesalehan yang bersifat individual, yaitu kesalehan vertikal antara manusia dengan Tuhan, padahal Islam sebagai agama yang damai memberikan berbagai ajaran-ajaran yang berkaitan dengan kegiatan�kegiatan sosial. Berbuat kebaikan tidak hanya terbatas dalam ritual ibadah antara manusia dengan Tuhan, tapi juga antara manusia dengan manusia dan juga lingkungan. Dengan demikian, kesalehan sosial berarti kebaikan dalam kerangka hidup bermasyarakat. Islam juga menekankan umatnya untuk memiliki kesalehan sosial seperti, kasih sayang pada sesama, menghargai hak orang lain, sikap sopan santun (berakhlak), harmonis dengan orang lain, memberi dan membantu sesama, solidaritas sosial, kerjasama, toleransi, adil dan seimbang, serta menjaga ketertiban umum. Dalam hal ini tidak terkecuali siswa Sekolah Dasar, usia sekolah dasar adalah usia yang harus diajarkan sejak dini tentang kegiatan-kegiatan bersosial. Kesadaran siswa di SD IT Tunas Insan Cendekia masih terbilang rendah, contohnya seperti kurangnya sikap empati terhadap lingkungan sekitar. Maka dari itu pihak sekolah SD IT Tunas Insan Cendekia mendirikan sebuah program celengan (kencleng) sebagai wadah atau media yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial. Penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional Talcot Parsons untuk menganalisis data penelitian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah (field reseacrh), sedangkan metode dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, dan bersifat deskriptif. Hal ini didasarkan atas data yang diperoleh adalah di lapangan atau tempat dimana penelitian ini dilakukan, yakni di SD IT Tunas Insan Cendekia Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan informan di dasarkan atas informan kunci kepala sekolah, informan utama PJ sosial kemanusiaan dan waka kesiswaan, serta informan tambahan siswa dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program celengan (kencleng) di SD IT Tunas Insan Cendekia, di antaranya yaitu program berkesinambungan atau keberlanjutan yang dilakukan secara terus menerus, contohnya berupa jumat berkah, membantu korban bencana alam, berbagi iqra dan Al-Quran, siswa berkumpul untuk membungkus dan mempersiapkan barang yang akan disedekahkan, teman satu kelas beserta wali kelas menjenguk siswa yang sakit, serta bakti sosial dan santunan. Sedangkan yang terlibat yaitu guru, wali murid, siswa dan masyarakat. Program celengan (kencleng) juga memiliki dampak bagi siswa diantaranya, yaitu Solidaritas sosial, kerja sama, silaturahmi, toleransi, tolong menolong, memiliki sikap empati, dan siswa menjadi lebih disiplin. Kata Kunci: Program Celengan (Kencleng), Kesalehan Sosial dan Siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Sosiologi Agama |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 02:43 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 02:43 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |