SEKAR, ANISA FIRDAUS (2024) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SHAPING DALAM MENGATASI KEDISPLINAN PESERTA DIDIK DI MA MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (6MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Kedisiplinan siswa merupakan aspek penting dalam konteks pendidikan yang memiliki dampak signifikan terhadap proses pembelajaran dan pengembangan siswa secara keseluruhan. Masalah kedisiplinan sudah umum dan sering terjadi baik di masyarakat maupun di sekolah. Di banyak negara, termasuk di Indonesia, masalah kedisiplinan siswa menjadi salah satu isu yang dihadapi oleh pendidik dan stakeholder pendidikan lainnya. Dalam konteks ini, penelitian mengenai kedisiplinan siswa menjadi relevan dan penting untuk dilakukan. Penulis berusaha untuk mengeksplorasi tahapan layanan konseling kelompok guna menangani kedisiplinan siswa secara berkelanjutan mengunakan teknik shaping, teknik shaping ini diimplementasikan dengan dengan cara memberikan reinforcement secara sistematik dan langsung setiap kali tingkah laku ditampakkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik shapping untuk mengatasi kedisplinan pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, design penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dengan demikian penelitian ini berupaya mengumpulkan data-data atau informasi objektif di lapangan mengenai proses pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik shaping dalam meningkatkan kedisplinan peserta didik di MA Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung yang akan ditelaah, dikaji dan diolah secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah dengan metode kualitatif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi objek yang alamiah, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan),analisis data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan menggunakan teknik shaping ini efektif dalam mengatasi masalah kedisiplinan peserta didik. Setiap tahapan dirancang untuk memberikan penguatan positif dan membangun perilaku disiplin secara bertahap. Hasil dari pelaksanaan teknik shaping mencakup iv peningkatan kepatuhan terhadap aturan sekolah, peningkatan penyelesaian tugas tepat waktu, dan peningkatan motivasi serta semangat belajar siswa. Dengan dukungan yang tepat dan reinforcement yang konsisten, teknik shaping dapat membantu siswa mencapai perubahan perilaku yang positif dan berkelanjutan. Hasil dari layanan konseling kelompok dengan teknik shaping menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa di MA Muhammdiyah Bandar Lampung. Peningkatan kepatuhan terhadap aturan sekolah, penyelesaian tugas tepat waktu, motivasi belajar, dan keterampilan sosial menunjukkan bahwa teknik shaping dapat membawa perubahan positif yang signifikan dalam perilaku siswa. Reinforcement positif yang konsisten dan dukungan kelompok memainkan peran penting dalam keberhasilan ini. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Shaping, Kedisiplinan, Peserta Didik. v ABSTRACT Student discipline is an important aspect in the educational context that has a significant impact on the learning process and student development as a whole. Discipline problems are common and common both in society and in schools. In many countries, including Indonesia, the issue of student discipline has become one of the issues faced by educators and other educational stakeholders. In this context, research on student discipline becomes relevant and important to do. The author seeks to explore the stages of group counselling services in order to deal with student discipline sustainably using shaping techniques, these shapes are implemented by providing systematic and direct reinforcement whenever behavior is displayed. The aim of this study is to look at the implementation of group mentoring services with shapping techniques to address discipline in pupils. The research method used in this research is a qualitative research method, this research design is qualitatively descriptive research which thus this research seeks to gather data or objective information in the field concerning the process of implementation of group counseling with shaping techniques in improving the discipline of students at MA Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung which will be examined, studied and processed descriptively. Data collection techniques in this study are observations, interviews and documentation. Data analysis used in this research is with qualitative methods, i.e. research methods used to investigate the condition of natural objects, data collection techniques carried out triangulated (combined), data analysis is qualitatively. The results of the study show that the approach using this shaping technique is effective in addressing the disciplinary problems of the pupils. Each stage is designed to give positive reinforcement and build disciplinary behavior gradually. The results of the implementation of shaping techniques include improved compliance with school rules, improved completion of tasks on time, and improved motivation and learning spirit of students. With proper support and consistent reinforcement, shapings can help students positive and sustainable behavioral change. Results of group vi counselling services with shaping techniques show that this method is effective in addressing discipline problems of students at MA Muhammdiyah Bandar Lampung. Increased compliance with school rules, timely completion of tasks, learning motivation, and social skills suggest that shaping techniques can bring significant positive changes in student behavior. Consistent positive reinforcements and group support play an important role in this success. Keyword: Group Guidance, Shaping Techniques, Discipline, Scholarship.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:43 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:43 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34858 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |