PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN CERITA NON-FIKSI SISWA KELAS IV MIM NURUL IMAN KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

DIAH, KURNIASIH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN CERITA NON-FIKSI SISWA KELAS IV MIM NURUL IMAN KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DIAH KURNIASIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil observasi menunjukkan bahwa permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu kurangnya keterampilan menulis karangan non-fiksi peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar khususnya pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IV MIM Nurul Iman Kabupaten Tulang Bawang Barat. Proses pembelajaran belum maksimal mengingat belum bervariasi model pembelajaran yang sesuai dan relevan dengan materi yang disampaikan, oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang bervariasi yaitu think talk write sebagai salah satu model pembelajaran yang memfasilitasi latihan berbahasa secara lisan dan menulis dengan lancar sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan non-fiksi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MIM Nurul Iman Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap keterampilan menulis karangan non-fiksi peserta didik kelas IV MIM Nurul Iman Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy experimental design. Penelitian ini bersifat kuantitatif eksperimen, dengan memberikan pretest dan posttest kepada peserta didik di kedua kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang mana kelas eksperimen tersebut adalah kelas IV Buya Hamka dan untuk kelas kontrol adalah kelas IV Siti Walida dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV yang posisinya sebagai observer dan memberikan masukan yang bersifat membantu dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap keterampilan menulis cerita non-fiksi siswa kelas IV MIM Nurul Iman Kabupaten Tulang Bawang Barat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Siti Walida dan kelas IV Buya Hamka Tulang Bawang Barat yang berjumlah 75 peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis data kuantitatif, menganalisis pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap keterampilan menulis cerita non-fiksi siswa iv kelas IV MIM Nurul Iman Kabupaten Tulang Bawang Barat. Berdasarkan pengelolaan data dari hasil uji normalitas dan homogenitas dihitung dengan menggunakan SPSS, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua sampel tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis dilakukan dapat digunakan uji-t, berdasarkan hasil uji-t maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran think talk write dalam perhitungan uji-t, didapatkan nilai sig 0,000 maka jika nilai Sig 0,05 (5%) pada Sig (2-tailed) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Non-Fiksi Peserta Didik Kelas IV MIM Nurul Iman Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Kemampuan Menulis Karangan Cerita Non-Fiksi v ABSTRACT Based on the pre-research activities that have been carried out, the problem behind this research is the lack of students' non�fiction writing skills in the learning process so that it has an impact on learning outcomes, especially Indonesian language learning for class IV students at MIM Nurul Iman, West Tulang Bawang Regency, it is known that the learning process has not yet been implemented. maximum considering that there are not yet varied learning models that are appropriate and relevant to the material presented. Therefore, it is necessary to apply a varied learning model, namely think talk write as a learning model that facilitates language practice orally and writing fluently so that it can improve non-fiction essay writing skills in class IV Indonesian language learning at MIM Nurul Iman, West Tulang Bawang Regency. This research aims to determine the effect of the think talk write learning model on the non-fiction essay writing skills of class IV students at MIM Nurul Iman, West Tulang Bawang Regency. This research uses quasi experimental design research methods. This research is a quantitative experiment, by giving a pretest and posttest to students in both classes. The sampling in this study consisted of two classes, namely the experimental class and the control class. Where the experimental class is class IV Buya Hamka and the control class is class IV Siti Walida. With data collection techniques using tests. Based on data management from the normality and homogeneity test results calculated using SPSS, it was found that the test result data from the two samples were normal and homogeneous so that the t-test could be used to test the hypothesis. Based on the results of the t-test, it can be said that the Think Talk Write (TTW) Learning Model in the t-test calculation, obtained a sig value of 0.000, so if the Sig value is 0.05 (5%) in Sig (2-tailed) then Ho is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that there is a significant influence of the Think Talk Write (TTW) Learning Model on the Non�Fiction Writing Skills of Class IV Students at MIM Nurul Iman, West Tulang Bawang Regency. Keywords: Think Talk Write (TTW) Learning Model, Ability to Write Fiction Essays

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:00
Last Modified: 19 Aug 2024 07:00
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34810

Actions (login required)

View Item View Item