PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 1 PRINGSEWU

ARINAL, HAQ (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 1 PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARINAL HAQ.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini salah satunya yaitu dalam pembelajaran yang berkaitan dengan hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan pembelajaran matematika perlunya menerapkan pembelajaran yang dapat membuat hasil belajar peserta didik meningkat. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan permasalahan yang melatarbelakangi adalah hasil belajar peserta didik yang rendah dalam ranah kognitif pada Sumatif Akhir Semester (SAS) di semester ganjil, sehingga terdapat banyak peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Dalam pembelajaran guru telah menerapkan berbagai model pembelajaran, namun model tersebut belum mampu memaksimalkan hasil belajar sehingga peserta didik juga merasa kesulitan dalam menerima pembelajaran. Dengan demikian peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) dengan rumusan masalahnya yaitu apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di MIN 1 Pringsewu? dan tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di MIN 1 Pringsewu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Pringsewu. Kelas yang dijadikan kelas eksperimen adalah kelas IV A dan kelas yang dijadikan kelas kontrol adalah kelas B. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Berdasarkan hasil analisis data pada pengujian hipotesis hasil yang diperoleh nilai pada sig, (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 maka H0 Ditolak dan Ha diterima, maka variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan. Dengan demikian Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV di MIN 1 Pringsewu. Kata kunci : Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) , Hasil Belajar, Matematika iv ABSTRACT One of the problems in this research is learning which is related to student learning outcomes which are still low. In this way, researchers can conclude that in mathematics learning it is necessary to apply learning that can improve student learning outcomes. Based on the pre-research carried out, the underlying problem is the low learning outcomes of students in the cognitive domain in the Final Semester Summative (SAS) in odd semesters, so that there are many students who have not met the Learning Goal Achievement Criteria (KKTP). In learning, teachers have implemented various learning models, but these models have not been able to maximize learning outcomes so that students also find it difficult to receive learning. Thus, researchers conducted research by implementing learning using the Visual Auditory Kinesthetic (VAK) learning model with the problem formulation, namely, is there a significant influence of the Visual Auditory Kinesthetic (VAK) learning model on the mathematics learning outcomes of class IV students at MIN 1 Pringsewu? and the aim is to determine the significant influence of the Visual Auditory Kinesthetic (VAK) learning model on the mathematics learning outcomes of class IV students at MIN 1 Pringsewu. This research is experimental research with a Quasi Experiment type in the form of Nonequivalent Control Group Design. This research was carried out at MIN 1 Pringsewu. The class used as the experimental class is class IV A and the class used as the control class is class B. The data collection technique uses test instruments. Based on the results of data analysis in hypothesis testing, the results obtained for the sig, (2-tailed) value were 0.000 > 0.05, so H0 is rejected and Ha is accepted, so the independent variable has a significant influence. Thus, the Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Learning Model influences Class IV Mathematics Learning Outcomes at MIN 1 Pringsewu. Keywords: Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Learning Model, Learning Outcomes, Mathematics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:53
Last Modified: 19 Aug 2024 06:53
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34809

Actions (login required)

View Item View Item