ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN, WORD OF MOUTH , DAN INKLUSI KEUANGAN DIGITAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA TRANSAKSI PERBANKAN SYARIAH (Studi Pada Pengusaha Muda Di Bandar Lampung)

KURNIAWAN, SOBRI (2024) ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN, WORD OF MOUTH , DAN INKLUSI KEUANGAN DIGITAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA TRANSAKSI PERBANKAN SYARIAH (Studi Pada Pengusaha Muda Di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover BAB 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of AWAL (4).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam mengambil keputusan menggunakan transaksi perbankan syariah untuk kegiatan usaha bisnis memiliki beberapa faktor seperti dalam diri sendiri maupun dari luar seperti literasi keuangan, word of mouth dan inklusi keuangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh seperti literasi keuangan, word of mouth dan inklusi keuangan terhadap pengambilan keputusan pada transaksi perbankan syariah. Metodologi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang diperoleh dari hasil kuisioner yang telah dibagikan kepada sampel penelitian. Sampel pada penelitian ini berjumlah 78 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan variabel literasi keuangan yang dilakukan terdapat hasil nilai signifikasi sebesar 0,065 artinya lebih besar dari 0,05 yang menunjukkan bahwa literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pada transaksi perbankan syariah, didukung dengan thitung bernilai 1,875<ttabel 1,993. Variabel word of mouth yang dilakukan terdapat hasil nilai signifikasi sebesar 0,008 artinya kurang dari 0,05 yang menunjukkan bahwa word of mouth berpengaruh signifikan berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pada transaksi perbankan syariah Didukung dengan thitung bernilai 3,386 > ttabel 1,993. Variabel inklusi keuangan yang dilakukan terdapat hasil nilai signifikasi sebesar 0,000 artinya kurang dari 0,05 yang menunjukkan bahwa inklusi keuangan berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pada transaksi perbankan syariah. Didukung dengan thitung bernilai 5,221> ttabel 1,993. Berdasarkan uji F yang dilakukan terdapat hasil Fhitung sebesar 25,232 dan F tabel sebesar 2,73. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Fhitung lebih besar dari F tabel dan secara simultan kegita variabel literasi keuangan, word of mouth, dan inklusi keuangan berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pada transaksi perbankan syariah pada pengusaha muda di Bandar Lampung. Kata Kunci : Literasi Keuangan, Word Of Mouth, Inklusi Keuangan, Pengambilan Keputusan, Dan Pengusaha Muda. ABSTRACT In making the decision to use sharia banking transactions for business activities, there are several factors such as internal and external factors such as financial literacy, word of mouth and financial inclusion. The aim of this research is to determine the influence of financial literacy, word of mouth and financial inclusion on decision making in sharia banking transactions. The methodology used is to use a quantitative approach with data obtained from the results of questionnaires that have been distributed to the research sample. The sample in this study amounted to 78 people. The data analysis technique used in the research uses instrument tests consisting of validity and reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression and hypothesis testing. The research results show that the financial literacy variable used has a significance value of 0.065, meaning it is greater than 0.05, which shows that financial literacy does not have a significant effect on decision making in sharia banking transactions, supported by a t-count of 1.875<ttable 1.993. The word of mouth variable used has a significance value of 0.008, meaning less than 0.05, which shows that word of mouth has a significant effect on decision making in sharia banking transactions. Supported by a tcount of 3.386 > ttable 1.993. The financial inclusion variable used has a significance value of 0.000, meaning less than 0.05, which indicates that financial inclusion has a significant effect on decision making in sharia banking transactions. Supported by tcount with a value of 5.221> ttable 1.993. Based on the F test carried out, there is an Fcount result of 25.232 and an F table of 2.73. So it can be concluded that Fcount is greater than Ftable and simultaneously the variables of financial literacy, word of mouth, and financial inclusion have a significant effect on decision making on sharia banking transactions among young entrepreneurs in Bandar Lampung Keywords: Financial Literacy, Word of Mouth, Financial Inclusion, Decision Making, and Young Entrepreneurs

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:40
Last Modified: 16 Aug 2024 03:40
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34747

Actions (login required)

View Item View Item