PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI VARIABEL MODERASI DISCOUNT DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi pada Toko MRBAGS.ID)

Annisa, Maydiyanti (2024) PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI VARIABEL MODERASI DISCOUNT DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi pada Toko MRBAGS.ID). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of anisa full.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of anisa 135.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Persaingan dalam dunia usaha juga semakin kompetitif. Sehingga pelaku usaha terus bersaing dalam memasarkan produknya salah satunya menggunakan sosial media. Pemasaran di sosial media dianggap berpotensi besar dalam meningkatkan minat beli (purchase intention) terhadap harga diskon. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1). Apakah Sosial Media Marketing berpengaruh terhadap Purchase Intention?, 2). Apakah Discount dapat memoderasi hubungan Sosial Media Marketing terhadap Purchase Intention?, 3). Bagaimana Purchase Intention dalam perspektif Manajemen Bisnis Syariah?. Penelitian ini bertujuan untuk memahami apakah Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Variabel Moderasi Discount serta pandangan Manajemen Bisnis Syariah pada pengunjung toko Mrbags.id. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung toko Mrbags.id dan sampel yang diambil adalah 93 sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang menggunakan skala likert. Metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan software SmartPLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sosial Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention, dan (2) Discount memperlemah atau berpengaruh negative pada hubungan Sosial Media Marketing terhadap Purchase Intention. Sementara itu dalam perspektif bisnis islam, pihak Mrbags.id sudah menyediakan fasilitas, kenyamanan, pelayanan dengan prinsip bisnis islam yaitu tidak mengambil keuntungan terlalu besar dan prinsip transparansi. Kata Kunci: Sosial Media Marketing, Purchase Intention, Discount. ABSTRACT The development of technology makes it easier for people to communicate and get information. Competition in the business world is also increasingly competitive. So that business actors continue to compete in marketing their products, one of which is using social media. Marketing on social media is considered to have great potential in increasing purchase intention at discounted prices. The formulation of the problem in this study is 1). Does Social Media Marketing affect Purchase Intention, 2). Can Discount moderate the relationship between Social Media Marketing and Purchase Intention?, 3). How is Purchase Intention in the perspective of Sharia Business Management?. This study aims to understand whether the effect of Social Media Marketing on Purchase Intention through the Discount Moderation Variable and the view of Sharia Business Management on Mrbags.id shop visitors. This type of research is quantitative research with the data source used is primary data. The population in this study were visitors to the Mrbags.id store and the sample taken was 93 samples using purposive sampling method. The data collection method used in this study used a questionnaire that used a Likert scale. The data analysis method used is the Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) approach using SmartPLS version 4 software. The results showed (1) Social Media Marketing has a positive and significant effect on Purchase Intention, and (2) Discount weakens or negatively affects the relationship between Social Media Marketing and Purchase Intention.. Meanwhile, in the perspective of Islamic business, Mrbags.id has provided facilities, convenience, services with Islamic business principles, namely not taking too much profit and the principle of transparency. Keywords: Sosial Media Marketing, Purchase Intention, Discount.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:38
Last Modified: 13 Aug 2024 06:38
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34675

Actions (login required)

View Item View Item