PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK SMPN 1 AIR NANINGAN TANGGAMUS

Amalia, Indah (2024) PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK SMPN 1 AIR NANINGAN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Amalia Indah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter memiliki esensi yang sama dengan pendidikan moral atau ahlak. Memiliki karakter religius menjadikan kepribadian seseorang menjadi manusia yang berperilaku atau bertabiat baik sesuai dengan ajaran Allah SWT. Pentingnya nilai religius dalam pendidikan karakter agama sangatlah penting untuk pedoman hidup manusia karena dengan bekal agama yang cukup akan memberikan dasar yang kuat ketika akan bertindak. Dengan demikian, perlu adanya peran guru di sekolah guna membentuk karakter religius dalam diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMPN 1 Air Naningan. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif pada umumnya dilakukan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara induktif, yaitu berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian di analisis dan akhirnya ditemukan pemecahan persoalan yang bersifat umum. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SMPN 1 Air Naningan sudah aktif menjalankan perannya dalam membentuk karakter religius peserta didik. Peranan-peranan yang dilakukan di antaranya guru PAI berperan sebagai pendidik, sebagai pembimbing, sebagai motivator dan sebagai model yang baik bagi peserta didiknya. Guru PAI juga menggunakan beberapa metode untuk membentuk karakter religius seperti metode keteladanan, pembiasaan, nasihat serta hukuman. Selain itu ada faktor pendukung Guru PAI dalam membentuk karakter religius peserta didik seperti kompenetnsi pedagogik dan profesional guru yang baik, kreatifitas guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran, adanya kegiatan keagamaan yang di adakan sekolah, buku agenda penguatan karakter, adanya keinginan atau kesadaran untuk berperilaku baik dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari lingkungan yang buruk bisa dari lingkungan keluarga atau teman sebaya, kurangnya kesadaran dari para peserta didik untuk berubah ke arah yang lebih baik, terlalu sering bermain handphone dan kurangnya pengawasan dari beberapa guru di sekolah. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Karakter Religius, Peserta Didik iii ABSTRACT Character education has the same essence as moral or ethichal education. Having a religious character makes a person’s personality a human being who behaves or has good habits in accordance with the teachings of Allah SWT. The importance of religious values in the education of religious character is very important for the guidance of human life because with sufficient religious provicions it will provide a strong basis when acting. Thus, it is necessary to have the role of the teacher in school in order to form a religious character in the students. This research aims to find out the role of PAI teacher in shaping the religious character of students at SMPN 1 Air Naningan. This research is a reseacrh that uses a qualitative descriptive approach. Descriptive research is generally carried out systematically, the facts and characteristics of the object or subject are studied precisely. Data collection techniques in this study used observation, interviews and documentation techniques, which are based on facts that are specific than analyzed and finally faund solutionsto general problems. The data sources used in this study are primary and secondary data sources. The method of data analysis in this study uses data reduction steps, data presentation and conclusion. Test the validityof the data used in this study is the method triangulation and data source triangulation. The results of the study showed that PAI teacher at SMPN 1 Air Naningan had actively carried out their role in shaping the religious character of students. The roles carried out include the PAI teacher act as an aducator, as a guide, as a motivator and as a good figure for his student. PAI teacher also use several methods to form religious character such as exemplary methods, habituation, advice and punishment. In addition there are supporting factors in shaping the religious character of the students such as good pedagogical and professional teacher competence, PAI teacher creatuvity in implementing learning, religious activities held by schools, character strengthening agenda books, a desire or awareness to behave well and adequate infrastructure. While the inhibiting factors are form a bad environment which can be from the family or peer environment, lack of awarness from students to change in a batter direction, playing cellphonenes to often and lack of supervision from same teachers at school. Keywords: Role of PAI Teacher, Religious Charachter, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2024 05:06
Last Modified: 13 Aug 2024 05:06
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34671

Actions (login required)

View Item View Item