PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SEKOLAH DASAR/SD

JULIANA, LINDA NURAFNI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SEKOLAH DASAR/SD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI JULIANA LINDA NURAFNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan oleh peneliti di SD Islam Assalam Bandar Lampung, yakni belum adanya media pembelajaran dengan bantuan teknologi yang mutakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flascard berbasis Augmented Reality (AR) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran flashcard pada saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas serta untuk mengatahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran flashcard berbasis Augmented Reality (AR). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Prosedur pengembangan mengikuti prosedur yang telah dikembangkan sebelumnya yakni metode: ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu: Analysis,Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada kedua validator yakni validator ahli media dan validator ahli materi yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk, angket tanggapan pendidik dan angket respon pesrta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kelayakan media pembelajaran oleh tim validator ahli media mendapatkan presentase 85% dengan kriteri “Sangat Layak” dan dari validator ahli materi mendapatkan presntase 89% dengan kriteria “Sangat Layak”, kemudian dari respon peserta didik pada ujicoba skala kecil mendapatan 83,3% dengan kriteria “Sangat Layak”, pada skala besar mendapatkan presentase 85% dengan kriteria “Sangat Layak” dan respon peserta didik mendapatkan persentase 84% dengan kriteria “Sangat Layak”. Dengan demikian produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dan menunjang dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Flashcard , Augmented Reality (AR), Media Pembelajaran. iii ABSTRACT This research is based on a problem found by researchers at SD Islam Assalam Bandar Lampung, namely the absence of learning media with the help of the latest technology. This study aims to develop Augmented Reality (AR)-based flascard learning media in class V Indonesian subjects, to determine the feasibility of Augmented Reality (AR)-based flashcard learning media during teaching and learning activities in the classroom and to find out the response of educators and students to Augmented Reality (AR)-based flashcard learning media. This research uses research and development methods or Research and Development (RnD). The development procedure follows the previously developed method: ADDIE which consists of five steps, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection instrument is in the form of a questionnaire given to the two validators, namely media expert validators and material expert validators which aim to determine the level of product feasibility, educator response questionnaires and student response questionnaires. The results showed that the feasibility value of learning media by a team of media expert validators got a percentage of 85% with the criterion "Very Feasible" and from the material expert validators got a percentage of 89% with the criteria "Very Feasible", then from the responses of students in small-scale trials got 83.3% with the criteria "Very Feasible", on a large scale got a percentage of 85% with the criteria "Very Feasible" and the responses of students got a percentage of 84% with the criteria "Very Decent". Thus the products developed by researchers can be used and support the learning process. Keywords: Indonesian, flashcard, augmented reality (AR), learning media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:01
Last Modified: 13 Aug 2024 04:01
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34655

Actions (login required)

View Item View Item