KHARISMA, ANNISA’U SALAMAH (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) DENGAN TEKNIK MONTASE DALAM MENGGAMBAR KARIKATUR DI SD NEGERI 3 BANYUWANGI PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK SBDP merupakan istilah untuk mata pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya. Pendidikan SBDP di SD mempunyai fungsi dan tujuannya yaitu untuk mengembangkan sikap, kemampuan, dalam berkarya dan bersemangat bagi peserta didik. Karya seni rupa hasil dari peserta didik berkarya digunakan sebagai pajangan di ruang kelas, salah satu jenis hasil karya seni rupa tersebut adalah montase. Montase merupakan bentuk karya seni rupa yang bisa dipajang di dinding. Pembuatan karya montase menggunakan bahan-bahan berupa kertas karton, majalah bekas, koran bekas dan buku bergambar bekas lainnya dan diolah menjadi suatu karya seni yang baru. Menggambar adalah membuat gambar dengan cara mencoret, menggores, menorehkan benda tajam dan memberi warna. Dalam pembelajaran seni budaya, hal yang dapat meningkatkan kreasi dan inovasi peserta didik adalah kegiatan menggambar. Kegiatan tersebut merupakan wujud dari berekspresinya peserta didik yang menuangkan sebuah ide dalam bentuk imajinasi yang dituangkan dalam wujud gambar. Karikatur adalah seni gambar yang digunakan untuk menyampaikan sebuah peristiwa dengan cara menggunakan penonjolan yang berlebihan untuk memperlihatkan ciri khas dari seorang tokoh atau makna. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis Implementasi Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) dengan menggunakan teknik montase dalam menggambar karikatur di SD N 3 Banyuwangi Pringsewu serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran peserta didik dalam menggambar karikatur dengan teknik montase di SD Negeri 3 Banyuwangi Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di SD Negeri 3 Banyuwangi Pringsewu. Penelitian ini bersumber pada data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini iii berupa hasil wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi seperti foto dan video yang dilakukan peneliti di lapangan (sekolah/kelas) perihal implementasi pembelajaran seni budaya dan prakarya (sbdp) dengan teknik montase dalam menggambar karikatur. Data sekunder dalam penelitian ini berupa buku, ebook, dan jurnal mengenai pembelajaran seni budaya dan prakarya (sbdp) dan teknik montase dalam menggambar karikatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran seni budaya dan prakarya (sbdp) dengan teknik montase dalam menggambar karikatur di SD Negeri 3 Banyuwangi Pringsewu berjalan secara signifikan, tercermin pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor yang mendukung adalah kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran, antusias peserta didik dalam mengikuti pelajaran, kemampuan peserta didik dalam menggambar, keterampilan peserta didik dalam menggambar, dan kesiapan guru. Sementara itu, faktor yang menghambat adalah kondisi pembelajaran yang kurang kondusif, kemampuan dalam menggunakan pensil warna, pengetahuan tentang seni rupa yang masih rendah, dan alokasi waktu pembelajaran yang terbatas. Saran yang direkomendasikan dalam proses pembelajaran tersebut guru perlu mendampingi peserta didik dengan berkeliling untuk meninjau keadaan peserta didik, guru perlu menentukan media berkarya yang sama pada semua peserta didik, dan guru perlu sering memperlihatkan contoh-contoh karya seni rupa kepada peserta didik. Kata Kunci: Pembelajaran SBDP, Menggambar, Montase, Karikatur. iv ABSTRACT SBDP is a term for Arts, Culture and Crafts subjects. SBDP education in elementary schools has a function and aim, namely to develop students' attitudes, abilities, creativity and enthusiasm. The fine art works produced by students are used as displays in the classroom, one type of fine art work is montage. Montage is a form of fine art that can be displayed on a wall. Making montage works uses materials in the form of cardboard, used magazines, used newspapers and other used picture books and processes them into a new work of art. Drawing is creating images by scribbling, scratching, inking sharp objects and adding color. In arts and culture learning, something that can increase students' creativity and innovation is drawing activities. This activity is a form of expression of students who express an idea in the form of imagination which is expressed in the form of an image. Caricature is a drawing art that is used to convey an event by using excessive accentuation to show a character's characteristics or meaning. The aim of this research is to analyze the Implementation of Arts, Culture and Crafts Learning (SBDP) using the montage technique in drawing caricatures at SD N 3 Banyuwangi Pringsewu as well as analyzing the supporting and inhibiting factors for students' learning in drawing caricatures using the montage technique at SD Negeri 3 Banyuwangi Pringsewu. This research uses qualitative research methods with the approach used in this research being descriptive qualitative with data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation. The location of this research is SD Negeri 3 Banyuwangi Pringsewu. This research comes from primary data and secondary data. Primary data in this research is in the form of interviews, observations, and documentation such as photos and videos carried out by researchers in the field (school/class) regarding the implementation of arts and culture and crafts (SBDP) learning using montage techniques in drawing caricatures. Secondary data in this research is in the form of books, ebooks and journals regarding v learning arts and culture and crafts (SBDP) and montage techniques in drawing caricatures. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research show that the implementation of learning arts and culture and crafts (sbdp) using the montage technique in drawing caricatures at SD Negeri 3 Banyuwangi Pringsewu is progressing significantly, reflected in the planning, implementation and evaluation stages. Supporting factors are students' readiness in taking lessons, students' enthusiasm in taking lessons, students' ability to draw, students' skills in drawing, and teacher readiness. Meanwhile, inhibiting factors are learning conditions that are less conducive, the ability to use colored pencils, low knowledge of fine arts, and limited allocation of learning time. In the recommended learning process, teachers need to accompany students by going around to inspect the students' condition, teachers need to determine the same work media for all students, and teachers need to frequently show examples of fine art works to students. Keywords: SBDP Learning, Drawing, Montage, Caricature.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 03:55 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 03:55 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |