Fear Of Negative Evaluation (FNE), Parent Attachment, dan Kecemasan Sosial: Menguraikan Keterkaitannya dalam Kehidupan Mahasiswa

Ummi, Mar'atussolihah Fear Of Negative Evaluation (FNE), Parent Attachment, dan Kecemasan Sosial: Menguraikan Keterkaitannya dalam Kehidupan Mahasiswa. JPSP : Journal Of Psychological Science and Profession.

[thumbnail of ARTIKEL UMMIMAR'ATUSSOLIHAH.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Fear Of Negative Evaluation (FNE), Parent Attachment, dan Kecemasan Sosial: Menguraikan Keterkaitannya dalam Kehidupan Mahasiswa Oleh : Ummi Mar'atussolihah Kecemasan sosial merujuk pada kecenderungan seseorang merasakan takut dan ketidaknyamanan yang berlebihan saat berada dalam situasi sosial, yang berdampak pada kesejahteraan emosional mahasiswa serta menghambat kinerja akademis dan sosial mereka. Faktor-faktor seperti ketakutan akan dievaluasi negatif oleh orang lain (fear of negative evaluation) dan ikatan emosional dengan orang tua (parent attachment) dapat memengaruhi perkembangan kecemasan sosial pada seseorang. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan strategi mengelola dan mengatasi kecemasan sosial agar dapat berfungsi secara optimal dalam lingkungan akademik dan sosial mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi apakah ada korelasi antara fear of negative evaluation (FNE) dan parent attachment dengan kecemasan sosial pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, melibatkan 210 mahasiswa dari perguruan tinggi negeri di Lampung sebagai subjek penelitian, yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan melalui tiga jenis skala psikologi berbentuk kuesioner yang disebarkan melalui Google Forms. Analisis data dilakukan. menggunakan teknik korelasi parsial dan regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak JASP. Hasil analisis (r = 580 dengan nilai F= 52.540 (p<.001)) menunjukkan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima, bahwa fear of negative evaluation dan parent attachment memiliki hubungan yang signifikan dengan kecemasan sosial. Kata Kunci: Ketakutan Akan Evaluasi Negatif (FNE), Kelekatan Orang Tua, Kecemasan Sosial, Mahasiswa. ABSTRACT Fear Of Negative Evaluation (FNE), Parent Attachment, and Social Anxiety: Elucidating Their Linkages in The Lives Of University Students Oleh : Ummi Mar'atussolihah Social anxiety refers to an individual's inclination to experience an excessive sense of fear and discomfort in social settings, impacting the emotional well-being of students and impeding their academic and social performance. Elements like fear of negative evaluation and emotional bonds with parents can shape the emergence of social anxiety. Hence, it's cruce for college students to develop coping strategies to effectively manage social anxiety and Perform well in both academic and social spheres. This study seeks to investigate whether there exists a relationship between fear of negative evaluation (FNE) and parent attachment with social anxiety among college students. Employing a quantitative approach, the research involved 210 students from public universities in Lampung, selected through the accidental sampling method. Data were gathered through three psychological scales presented as questionnaires distributed via Google Forms. Utilizing JASP software, data analysis employed partial correlation and multiple muression techniques. The results of the analysis (r = 580 with the value of F = 52.540 (p<.001)) indicate that the research hypothesis can be accepted, that fear of negative evaluation and parent attachment have a significant relationship with social anxiety. Keywords: Fear Of Negative Evaluation (FNE), Parent Attachment, Social Anxiety, University Students.

Item Type: Article
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:22
Last Modified: 13 Aug 2024 03:22
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34645

Actions (login required)

View Item View Item