SHALSABILA, RAHMAN NISA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI LINGKUNGAN KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (6MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI LINGKUNGAN KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI Oleh : Shalsabila Rahman Nisa Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya keterampilan berpikir kreatif dan literasi lingkungan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Pada proses pembelajaran diperlukan adanya model pembelajaran agar kegiatan di kelas berjalan lebih aktif. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Project Based Learning terhadap terhadap keterampilan berpikir kreatif dan literasi lingkungan pada mata pelajaran biologi siswa kelas X di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksprimen desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas X7 sebagai kelas Eksperimen dan X6 sebagai kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dan angket yang diuji hipotesis dengan uji t-Test. Berdasarkan hasil olah data menggunakan teknik analisis data uji t-Test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif dan literasi lingkungan peserta didik yang ditunjukkan pada nilai sig. 0,000 > 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif dan literasi lingkungan peserta didik pada mata mata pelajaran Biologi kelas X di SMA. Kata kunci: Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kreatif, Literasi Lingkungan iii ABSTRACT PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI LINGKUNGAN KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI By: Shalsabila Rahman Nisa This research is motivated by the low creative thinking skills and environmental literacy of students in learning activities. In the learning process, a learning model is needed so that classroom activities run more actively. One of the learning models that can be used is the Project Based Learning model. This study aims to determine the effect of the Project Based Learning model on creative thinking skills and environmental literacy in biology subjects of grade X students in high school. This research uses a quantitative approach with a quasi�experimental design method. The population in this study were all grade X students in high school. The sampling technique in this study used Cluster Random Sampling technique. The sample of this study consisted of class X7 as the Experiment class and X6 as the Control class. The instruments used were test questions and questionnaires that tested the hypothesis with the t-Test test. Based on the results of data processing using the t-Test data analysis technique, it shows that there is a significant effect of using the Project Based Learning model on students' creative thinking skills and environmental literacy as shown in the sig value.0.000 > 0.05 which means H1 is accepted and H0 is rejected.This shows that there is an effect of the Project Based Learning model on the creative thinking skills and environmental literacy of students in class X Biology subjects in high school. Key words: Project Based Learning, Creative Thinking Skills, Environmental Literacy
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 03:10 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 03:10 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |