PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, MIND MAPPING ANDSHARING (RMS) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

ANITA, CAHAYA LESTARI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, MIND MAPPING ANDSHARING (RMS) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ANITA CAHAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan studi pendahuluan dalam penelitianini ditemukan bahwa kemampuan berfikir kreatif peserta didik di SMA Negeri 1 Liwa masih tergolong kurang kreatif dan kemampuan komunikasi sains masih tergolong kurang. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang diterapkan guru belum melibatkan peserta didik secara aktif, selain itu penggunaan media pembelajaran yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading, Mind mapping and Sharing (RMS) terhadap kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan komunikasi sains peserta didi pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasy Eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Liwa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Rendom Sampling dan mendapatkan kelas X3 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X8 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa soal uraian kemampuan berfikir kreatif dan angket komunikasi sains sesuai indikator yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil olah data yang di peroleh dari proses penelitian menggunakan teknik analisis data uji Independent Samples t-Test menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Reading, Mind mapping and Sharing (RMS) terhadap kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan komunikasi sains peserta didik yang ditunjukkan pada nilai sig. 0,000 > 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Reading, Mind mapping and Sharing (RMS) terhadap kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan komunikasi sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci : Reading, Mind Mapping And Sharing (RMS), Kemampuan Berfikir Kreatif , Dan Kemampuan Komunikasi Sains iv ABSTRACT Based on preliminary studies in this study, it was found that the creative thinking ability of students at SMA Negeri 1 Liwa was still classified as less creative and science communication skills were still classified as lacking. This is because the learning methods applied by the teacher have not actively involved students, besides the use of learning media that is not maximized. This study aims to determine the effect of the Reading, Mind mapping and Sharing (RMS) learning model on the creative thinking ability and science communication ability of students on environmental pollution material. This research is a quantitative study using the Quasy Experiment method. The population in this study were all students of class X SMA Negeri 1 Liwa. Sampling in this study using Cluster Rendom Sampling technique and get class X3 with 35 students as an experimental class and class X8 with 36 students as a control class. Data collection techniques in the form of descriptive questions of creative thinking ability and science communication questionnaire according to predetermined indicators. Based on the results of data processing obtained from the research process using the Independent Samples t-Test data analysis technique, it shows that there is a significant effect of the Reading, Mind mapping and Sharing (RMS) learning model on students' creative thinking skills and science communication skills as shown in the sig value. 0.000 > 0.05 which means H1 is accepted and H0 is rejected. This shows that there is an effect of the Reading, Mind mapping and Sharing (RMS) learning model on the creative thinking skills and science communication skills of students on environmental pollution material. Key words : Reading, Mind Mapping And Sharing (RMS), Creative Thinking Ability, And Science Communication Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:02
Last Modified: 13 Aug 2024 03:02
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34640

Actions (login required)

View Item View Item