PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 04 GEDONG AIR BANDAR LAMPUNG

REGI, ANINDIA JATI (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 04 GEDONG AIR BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of REGI 1 3 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi_Regi_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses belajar siswa. Melihat hasil belajar siswa yang menurun, menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi juga cukup rendah. Media yang dirasa tepat dan sesuai dengan kondisi saat ini adalah media pembelajaran gambar. Permasalahan ini terkait dengan profil media pembelajaran gambar yang dibutuhkan oleh guru dan siswa kelas V SD Negeri 04 Gedong Air, desain media pembelajaran gambar untuk guru dan siswa kelas V SD Negeri 04 Gedong Air dan Hasil ulangan harian terhadap pengembangan media media pembelajaran gambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPA melalui penerapan media gambar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang dirancang dalam dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek pada penelitian ini 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif kuantitatif. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Dari hasil penelitian Penggunaan Media Gambar dapat meningkatkan kegiatan guru pada proses pembelajaran berlangsung. Setelah dilakukannya tindakan siklus I dan siklus II dengan standar kriteria keberhasilan ditargetkan 80%. Namun ada revisi dari ahli media dan ahli materi berupa penambahan petunjuk penggunaan dan pengurangan beberapa materi yang ada. Respon siswa dapat dilihat dari rekapitulasi penggunaan media. Serta hasil ulangan harian meningkat dan rata-rata nilai kelas mengalami penaikan. Simpulan dalam penelitian ini adalah profil dan desain media pembelajaran sudah baik, respon siswa iii dengan adanya media pembelajaran gambar tergolong aktif dan hasil ulangan harian meningkat serta kriteria yang ditetapkan sudah tercapai. Kata kunci : Media Gambar, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2024 05:01
Last Modified: 12 Aug 2024 06:04
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34621

Actions (login required)

View Item View Item