PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBASIS EDUCATION SUSTAINABLE DEVELOPMENTTERHADAP LITERASI LINGKUNGAN DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS X

FADILA, RIZKYANA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBASIS EDUCATION SUSTAINABLE DEVELOPMENTTERHADAP LITERASI LINGKUNGAN DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS X. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FADILA_135 NEW.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FADILA FULL NEW.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Literasi lingkungan dan sikap peduli lingkungan peserta didik kelas X di SMAN 1 Banjar Margo masih tergolong dalam kategori rendah. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Experiential Learning berbasis Education Sustainable Development terhadap literasi lingkungan dan sikap peduli lingkungan peserta didik kelas X di SMAN 1 Banjar Margo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket literasi lingkungan, angket sikap peduli lingkungan, dan lembar observasi sikap peduli lingkungan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Experiential Learning berbasis Education Sustainable Development terhadap literasi lingkungan yang dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.021 < 0.05, sehingga Ha terima dan Ho ditolak. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Experiential Learning berbasis Education Sustainable Development terhadap sikap peduli lingkungan yang dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.001 < 0.05, sehingga Ha terima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis nol (Ho) ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa model Experiential Learning berbasis Education Sustainable Development memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan literasi lingkungan dan sikap peduli lingkungan peserta didik kelas X. Kata kunci : Experiential Learning, Education Sustainable Development, literasi lingkungan, sikap peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:56
Last Modified: 12 Aug 2024 06:02
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34619

Actions (login required)

View Item View Item