ALFIYANI, LEONINDA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADAPTING, SEARCHING, INTERPRETING, CREATING AND COMMUNICATING BERBASIS SCIENCE LITERACY CIRCLES TERHADAP LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI KELAS X. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (13MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
ABSTRAK Literasi sains penting bagi peserta didik karena dapat mengajak peserta didik untuk memahami lingkungan hidup, kesehatan, ekonomi, dan banyak permasalah lainnya yang diperhadapkan kepada masyarakat modern. Semetara itu kolaborasi sangat penting untuk keberlangsungan pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan membantu peserta didik dalam memecahkan masalah secara bersama-sama. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada kelas X SMA Negeri 1 Way Kanan diperoleh hasil literasi sains dan keterampilan kolaborasi peserta didik berada pada taraf menengah kebawah. Rata-rata indikator literasi sains sebesar 39,41 dengan kriteria rendah serta keterampilan kolaborasi sebesar 25,56 dengan kriteria rendah. Analisis hasil wawancara dengan guru mata pelajaran dan peserta didik, nilai yang diperoleh disebabkan oleh jarangnya penggunaan kelompok belajar serta pembelajaran jarang melibatkan isu-isu penting yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ASICC berbasis Science Literacy Circles terhadap literasi sains dan keterampilan kolaborasi kelas X. desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan pretest posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan tes literasi sains dan angket serta lembar observasi keterampilan kolaborasi. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling yang terdiri dari kelas X 1 (34 Peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan X 2 (36 Peserta Didik) sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis mengunakan Uji MANOVA dengan taraf signifkansi sebesar α=0,05. Analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran ASICC berbasis Science Literacy Circles terhadap literasi sains dan keterampilan kolaborasi peserta didik dengan perolehan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Penelitian ini memiliki kontribusi sebagai upaya solusi inovatif berkaitan dengan model dan metode yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sains dengan tujuan meningkatkan literasi sains dan keterampilan kolaborasi di Indonesia. Kata Kunci: Keterampilan Kolaborasi, Literasi Sains, Metode Science Literacy Circles, Model Pembelajaran ASICC iv ABSTRACT Science literacy is important for students because it can invite students to understand the environment, health, economy, and various other problems faced by modern society. Meanwhile, collaboration is very important for the continuity of learning because it can improve student learning outcomes and help students solve problems together. Based on the results of a preliminary study in class X of SMA Negeri 1 Way Kanan, the results of students' scientific literacy and collaboration skills are in the lower middle category. The average indicator of scientific literacy is 39.41 with low criteria and collaboration skills is 25.56 with low criteria. Analysis of the results of interviews with subject teachers and students, the values obtained are due to the rare use of study groups and learning rarely involves important issues related to everyday life. The research aims to determine the effect of the ASICC learning model based on Science Literacy Circles on science literacy and collaboration skills in class X. The research design used was quasi-experimental using a pretest posttest control group design. Data were collected using scientific literacy tests and questionnaires as well as collaboration skills observation sheets. Samples were taken using the Cluster Random Sampling technique consisting of class X 1 (34 students) as the experimental class and X 2 (36 students) as the control class. Hypothesis testing uses the MANOVA test with a significance level of α=0.05.Data analysis shows that there is a significant influence on the use of the ASICC learning model based on Science Literacy Circles on students' scientific literacy and collaboration skills with a significant score of 0.000 < 0.05. This research oders a novel approach to models and methods for science learning activities, aiming to enhance scientific literacy and collaboration skills in Indonesia. Keywords: Collaboration Skills, Science Literacy, Science Literacy Circle Method, ASICC Learning Model
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 04:26 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 05:34 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |