DAMPAK HIPEREALITAS TERHADAP PERILAKU MAHASISWA (Studi Prodi Manajemen Bisnis UIN Raden Intan Lampung)

RISA, MULYANI (2024) DAMPAK HIPEREALITAS TERHADAP PERILAKU MAHASISWA (Studi Prodi Manajemen Bisnis UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RISA MULYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan hiperealitas yang ada dilingkungan kampus atau perguruan tinggi merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan mengenai dampak hiperealitas. Sebagai seorang mahasiswa harus bijak dalam menggunakan media sosial. Oleh karena itu, mahasiswa dalam menggunakan media sosial harus lebih bijak dan kritis dengan apapun yang ada dimedia sosial agar tidak berdampak pada perilaku negatif. Dalam penelitian ini dampak hiperealitas terhadap perilaku mahasiswa yang dimaksud adalah meningkatnya hiperealitas yang ditandai dengan semakin banyaknya realitas yang dibuat oleh mahasiswa demi merepresentasikan diri mereka sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis merumuskan beberapa rumusan masalah yaitu yang pertama, faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku hiperealitas pada mahasiswa prodi manajemen bisnis universitas Islam negeri Raden intan Lampung? Yang kedua, bagaimana dampak hiperealitas terhadap perilaku mahasiswa prodi manajemen bisnis universitas Islam negeri Raden intan Lampung? Metode penelitian dalam skripsi adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun sifat dari penelitian ini adalah Deskriptif yaitu penulis akan mendeskripsikan data temuan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Dalam pemilihan informan ini sudah sangat dipertimbangkan dan sesuai dengan kriteria yang dianggap paling mengetahui tentang apa yang dibutuhkan oleh penulis untuk menjawab pertanyaan yang telah dirancang oleh peneliti. Metode pengumpulan data berupa observasi dimana dalam penelitian ini menggunakan observasi non partisipan yaitu peneliti tidak turun ambil dalam kehidupan yang diobservasi melainkan hanya menjadi pengamatan. Kedua, wawancara yang dimana dalam wawancara yang digunakan kepada informan menggunakan wawancara terstruktur yang artinya menggunakan pedoman wawancara yang telah tersusun secara sitematis dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis dalam penelitian ini adalah teori simulacra dari Jean Baudrillard. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak hiperealitas terhadap perilaku mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung terdapat Faktor yang mempengaruhi yaitu tayangan iklan, penggunaan media sosial dan pengguna internet, individu atau diri sendiri, teman atau lingkungan. Sedangkan dampak yang terjadi yaitu Pertama, dampak positif yang terjadi pada mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung yaitu dapat membangun bisnis, menambah informasi, dan tidak gaptek (gagap teknologi). Sedangkan dampak negatif yang terjadi pada mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung yaitu berperilaku boros, kurangnya silaturahmi, malas, dan mengikuti trand fashion. Kata Kunci : Mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis UIN Lampung, Perilaku Hiperealitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:15
Last Modified: 12 Aug 2024 04:15
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34608

Actions (login required)

View Item View Item