HUBUNGAN ANTARA LITERASI NUMERIK DENGAN DISPOSISI MATEMATIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD AL- KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

RESTI, PERONISYA (2024) HUBUNGAN ANTARA LITERASI NUMERIK DENGAN DISPOSISI MATEMATIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD AL- KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI RESTI PERONISYA_2011100357_ .pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Disposisi matematis merupakan suatu sikap individu terhadap cara pandang atas matematika, yang akan manampilkan prilaku yang cendrung kearah positif. Seperti prilaku percaya diri, rasa ingin tahu, tekun, dan berminat terhadap matematika. Berdasarkan hasil pra penelitian menunjukan bahwa kemampuan disposisi matematis peserta didik belum tercapai sepenuhnya karena belum dikaji adanya faktor yang ada pada diri peserta didik, seperti kemampuan literasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara literasi numerik dengan disposisi matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Al-Kautsar Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 101 peserta didik dari kelas VB, C, G dan H. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Korelasi . Berdasarkan analisis korelasi ditunjukkan dengan presentase yang diperoleh yaitu bahwa koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,565. Dikonsultasikan pada rtabel dengan N=101 dan taraf signifikansi 0,05 yakni 0,196. Sedangkan, nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,00. Maka, rhitung rtabel yaitu (0,565 0,196), dengan sig. 0,00 0,05 yang berarti bahwa hubungan variabel literasi numerik (X) secara parsial dengan variabel disposisi matematis (Y) peserta didik terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Sehingga, H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan tabel pedoman interprestasi koefisien korelasi dapat diketahui bahwa hubungan antara variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y) pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Al-Kautsar Bandar Lampung berada pada kategori sedang dengan nilai interprestasi koefisien korelasi sebesar 0,565. Hubungan variabel literasi numerik terhadap disposisi matematis menunjukan bahwa ii pengaruh variabel independen dalam penelitian ini sebesar 31,92%. Sedangkan, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Kata Kunci: Literasi Numerik, Disposisi Matematis, Mata Pelajaran Matematika iii ABSTRACT Mathematical disposition is an individual's attitude towards viewing mathematics, which will display behavior that tends towards the positive. Such as confident behavior, curiosity, perseverance, and interest in mathematics. Based on the results of pre-research, it shows that students' mathematical disposition abilities have not been fully achieved because the factors that exist in students, such as students' literacy abilities, have not been studied. This research aims to see the relationship between numerical literacy and students' mathematical disposition in mathematics subjects. The approach used in this research is quantitative with a correlation research type. The population in this study were all fifth grade students at SD Al-Kautsar Bandar Lampung. The sample in this study was 101 students from classes VB, C, G and H. The sampling technique used cluster random sampling. Data collection in this research used tests and questionnaires. Data analysis techniques use normality and linearity tests. Hypothesis testing in this research uses the Correlation test. Based on the correlation analysis, it is shown by the percentage obtained that the correlation coefficient (rcount) is 0.565. Consulted on the rtable with N=101 and a significance level of 0.05, namely 0.196. Meanwhile, the sig (2-tailed) value is 0.00. So, rcount > rtable, namely (0.565 > 0.196), with sig. 0.00 < 0.05, which means that the partial relationship between the numerical literacy variable (X) and the mathematical disposition variable (Y) of students is positive and significant. So, H0 is rejected and H1 is accepted. Based on the correlation coefficient interpretation guideline table, it can be seen that the relationship between the independent variable (X) and the dependent variable (Y) in the fifth grade mathematics subject at Al�Kautsar Elementary School Bandar Lampung is in the medium category with a correlation coefficient interpretation value of 0.565. The relationship between numerical literacy variables and mathematical disposition shows that the influence of the independent iv variable in this research is 31.92%. Meanwhile, the rest is influenced by other variables not included in this research. Keyword: Numerical Literacy, Mathematical Disposition, Mathematic Subjects

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:25
Last Modified: 12 Aug 2024 03:25
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34593

Actions (login required)

View Item View Item