PENGARUH MANAJEMEN PELATIHAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

ELSA, HOTIFAH ANNUR (2024) PENGARUH MANAJEMEN PELATIHAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI ELSA HOTIFAH ANNUR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pengaruh manajemen pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi professional guru di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jenis analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS version 27.0. Teknik pengumpulan data yaitu berupa kuisioner (angket), dan dokumentasi. Kuisioner disebar menggunakan google form kepada pihak-pihak terkait untuk menemukan fenomena tentang sebuah peristiwa. Dokumentasi yang dilakukan adalah dengan menelaah catatan dan dokumen sebagai sumber data yang berkaitan dengan penelitian. Sampel yang digunakan sebanyak 40 responden dengan teknik sampling jenuh dimana pengambilan anggota sampel dari seluruh populasi yang ada. Hal ini sering dilakukan bila jumlah populasinya relatif kecil, kurang dari 40 orang. Sampel jenuh disebut juga dengan istilah sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Berdasarkan hasil pengolahan data pada penelitian ini menggunakan perhitungan SPSS ver. 27. 2024. Pengujian hipotesis hasil uji t menghasilkan angka nilai Thitung (4,805) > Ttabel (2,024) yang artinya terdapat pengaruh antara variabel manajemen pelatihan terhadap variabel kompetensi professional guru atau hipotesis diterima. Selanjutnya, jika dilihat nilai signifikansinya, diketahui bahwa nilai Sig. 0,016 < 0,05 artinya H0 ditolak, sehingga variabel pengalaman mengajar berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru. Kemudian dilihat dari nilai Fhitung (35,855) > dari Ftabel (4,17) dan Sig 0,000 < 0,05 artinya variabel kompetensi profesional berpengaruh terhadap variabel kinerja guru. Selanjutnya jika dilihat berdasarkan uji koefisien determinasi (KD) atau R2 sebesar 0,660 atau sebesar 66%. Oleh karena itu, kontribusi variabel manajemen pelatihan (X1) dan Pengalaman Mengajar (X2) terhadap variabel kompetensi professional guru (Y) memiliki besaran 66%, sedangkan kontribusi variabel independen di luar penelitian ini iii sebesar (1- R Square) sebesar 0,340 atau 34%. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini bahwa manajemen pelatihan (X1) dan pengalaman mengajar (X2) berpengaruh positif terhadap kompetensi profesional guru di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Kata Kunci: Manajemen Pelatihan, Pengalaman Mengajar, dan Kompetensi Profesional Guru iv ABSTRACT The aim of this research is to analyze the influence of training management and teaching experience on the professional competence of teachers at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. The research methodology used is quantitative, with descriptive analysis and multiple linear regression analysis using SPSS version 27.0. The data collection techniques employed include questionnaires and documentation. The questionnaires were distributed using Google Forms to relevant parties to uncover phenomena related to an event. The documentation involved reviewing records and documents as sources of data relevant to the research. The sample used consisted of 40 respondents with a saturated sampling technique, where the sample members are taken from the entire population. This is often done when the population size is relatively small, less than 40 people. A saturated sample is also referred to as a census, where all members of the population are included as samples. Based on the data processing results using SPSS ver. 27.0, the hypothesis testing results of the t-test yielded a Tcount value (4.805) > Ttable (2.024), indicating an influence between the training management variable and the professional competence of teachers, or the hypothesis is accepted. Furthermore, based on the significance value, it was found that the Sig. value of 0.016 < 0.05 means that H0 is rejected, indicating that the teaching experience variable significantly influences the professional competence of teachers. Additionally, the Fcount value (35.855) > Ftable (4.17) and Sig. 0.000 < 0.05 indicate that the professional competence variable influences the teacher performance variable. The determination coefficient (R2) test value is 0.660 or 66%. Therefore, the contribution of the training management variable (X1) and teaching experience (X2) to the professional competence of teachers (Y) is 66%, while the contribution of independent variables outside of this study is (1- R Square) 0.340 or 34%. Thus, the conclusion of this study is that training management (X1) and teaching experience (X2) have a positive influence on the professional competence of teachers at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Keywords: Training Management, Teaching Experience, and Teacher Professional Competence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:39
Last Modified: 08 Aug 2024 04:39
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34537

Actions (login required)

View Item View Item