PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIK SISWA SD/MI

Rahma, Arini (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIK SISWA SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAHMA ARINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu keterbatasan media pembelajaran di bidang Seni Budaya dan Prakarya pada materi seni musik, serta media pembelejaran tidak terfokus pada rangkaian nada. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangakan media pembelajaran berbasis Motion Graphic untuk meningkatkan keterampilan bermain musik siswa SD/MI pada tema 4 materi seni budaya dan prakarya (SBdP). Media pembelajaran berbasis Motion Graphic ini dibuat untuk membantu dan memudahkan pendidik dalam meyampaikan materi dan menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pemgembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Validasi kelayakan dilakukan oleh dua ahli materi, dua ahli media, dan dua pendidik. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil dengan 20 peserta didik dan uji skala besar dengan 37 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Pasuruan dan MI Darul Amanah Way Lubuk. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Motion Graphic untuk meningkatkan keterampilan bermain musik siswa SD/MI pada tema 4 materi seni budaya dan prakarya memperoleh nilai rata�rata ahli media 93% dengan kriteria sangat baik, nilai rata-rata ahli materi 90 % dengan kriteria sangat baik, ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata 97% dengan kriteria sangat baik, rata-rata penilaian pendidik 93% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan penilaian yang diberikan peserta didik pada tahap uji skala kecil 93,72% dan uji skala besar 87,32% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran Motion Graphic, Keterampilan, Musik. iv ABSTRACT This research is based on problems, namely the limitations of learning media in the field of Arts, Culture and Crafts on music and art material, as well as learning media not focusing on note sequences. This research was carried out with the aim of developing Motion Graphic-based learning media to improve elementary/MI students' music playing skills on theme 4 arts, culture and crafts (SBdP) material. This Motion Graphic-based learning media was created to help and make it easier for educators to convey material and make the learning process more enjoyable. The research carried out by the author is development research using the ADDIE model with 5 stages, namely the analysis stage, design stage, development stage, implementation stage and evaluation stage. Feasibility validation was carried out by two material experts, two media experts, and two educators. The field test consisted of a small scale test with 20 students and a large scale test with 37 students. This research was conducted at SDN 3 Pasuruan and MI Darul Amanah Way Lubuk. Based on these stages, it can be concluded that Motion Graphic-based learning media to improve elementary/MI students' music playing skills on theme 4, arts, culture and crafts material obtained an average score from media experts of 93% with very good criteria, the average expert score material 90% with very good criteria, linguists obtained an average score of 97% with very good criteria, the average educator assessment was 93% with very good criteria. Meanwhile, the assessment given by students at the small scale test stage was 93.72% and the large scale test was 87.32% with very good criteria. This shows that this learning media is suitable for use in the learning process. Keywords: Motion Graphic Learning Media, Skills, Music.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:40
Last Modified: 06 Sep 2024 03:40
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34527

Actions (login required)

View Item View Item