PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (StudiEmpiris Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2018-2022)

ZAYENRA, DIKA HARDANA (2024) PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (StudiEmpiris Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2018-2022). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Zayenra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perbankan merupakan industri yang mengandalkan kepercayaan masyarakat dalam menjalankan usahanya, sehingga bank harus terus menjaga kualitasnya agar nanti dapat memenuhi kewajibannya dan menjaga kinerjanya. Bursa Efek Indonesia (BEI) mengincar investor pasar modal syariah bisa tembus 1 juta pada 2024, sehingga harus terus melakukan kegiatan peningkatan literasi maupun edukasi agar infrastruktur dan sistem investasi di pasar modal memadai, hal itu dilakukan agar pengambilan keputusan investasinya tetap dilakukan secara rasional sehingga investor pasar modal syariah bisa mendapatkan keuntungan optimal dari potensi pertumbuhan pasar modal syariah, Nilai perusahaan dijadikan suatu indikator penting bagi investor untuk memulai investasi di pasar modal. Bagi seorang investor, peningkatan nilai perusahaan merupakan kesan yang baik terhadap perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, di mana pengumpulan datanya dilakukan dengan cara melihat dokumen statistik pada BUS yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sedangkan sampel penelitiannya dilakukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan peneliti, sejumlah 50 sampel dari 10 Bank Umum Syariah pada periode 2018-2022. Jenis datanya menggunakan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan analisis jalur (path analysis) menggunakan software Eviews 9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara persial profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Likuiditas pada analisis jalur likuiditas terhadap nilai perusahaan mampu di mediasi Islamic Social Reporting. Sedangkan variabel Likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Islamic Social Reporting tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, likuiditas tidak berpengaruh terhadap Islamic Social Reporting, Variabel Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Islamic Social Reporting. Sedangkan pada hasil analisis jalur menunjukkan variabel Islamic Social Reporting tidak mampu memediasi Profitabilitas. Kata kunci: Islamic Social Reporting, Likuiditas, Nilai Perusahaan, Profitabilitas. ABSTRACK Banking is an industry that relies on public trust in running its business, so banks must continue to maintain their quality so that they can fulfill their obligations and maintain their performance. The Indonesian Stock Exchange (BEI) is targeting sharia capital market investors to reach 1 million by 2024, so it must continue to carry out activities to increase literacy and education so that the infrastructure and investment system in the capital market is adequate, this is done so that investment decision making remains rational so that investors The sharia capital market can gain optimal profits from the growth potential of the sharia capital market. Company value is used as an important indicator for investors to start investing in the capital market. For an investor, an increase in company value is a good impression of the company. This research uses quantitative research methods, where data collection is carried out by looking at statistical documents on BUS that are registered with the Financial Services Authority (OJK). Meanwhile, the research sample was carried out using a purposive sampling method with criteria determined by the researcher, a total of 50 samples from 10 Sharia Commercial Banks in the 2018-2022 period. The data type uses secondary data. The analysis method used is multiple regression analysis and path analysis using Eviews 9 software. The results of this research show that partially profitability has a positive and significant effect on company value. Liquidity in the liquidity path analysis of company value can be mediated by Islamic Social Reporting. Meanwhile, the Liquidity variable has no effect on company value, Islamic Social Reporting has no effect on Company Value, liquidity has no effect on Islamic Social Reporting, the Profitability variable has no effect on Islamic Social Reporting. Meanwhile, the results of the path analysis show that the Islamic Social Reporting variable is unable to mediate profitability. Keywords: Islamic Social Reporting, Liquidity, Company Value, Profitability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:23
Last Modified: 07 Aug 2024 04:23
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34466

Actions (login required)

View Item View Item