Aang, Septiawan (2024) MANAJEMEN PERUBAHAN DI PONDOK PESANTREN MADARIJUL ULUM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini Manajemen Perubahan dari proses penerapan Pendidikan Diniyah Formal di pondok pesantren Madarijul Ulum Bandar Lampung. Menjadi proses yang utama dalam pencapaian keberhasilan, menjadi proses yang utama dalam pencapaian keberhasilan dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan sangat bergantung kepada manajemen perubahan dan komponen - komponen pendukungnya. tidak hanya berhubungan dengan pembelajaran saja, melainkan dengan adanya aspek lain yang mendukung untuk membantu mengembangkan program Pendidikan Diniyah Formal (PDF). Dalam manajemen perubahan Madarijul Ulum Bandar Lampung didapatkan gambaran tentang pelaksanaan program Pendidikan Diniyah Formal (PDF). Sudah berjalan dengan baik, hanya saja untuk sumber pembiayaan buat program Pendidikan Diniyah Formal (PDF) dipesantren tidak mempunyai donatur tetap. Program Pendidikan Diniyah Formal (PDF) ini melatarbelakangi Kitab kuning, sesuai dengan motto dari pesantren Madarijul Ulum ingin mencetak kader-kader ulama pada masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen perubahan di pondok pesantren Madarijul Ulum Bandar Lampung yang meliputi beberapa indikator antara lain: Fase Eksplorasi, Fase Perencanaan, Fase Tindakan, Fase Integrasi. Objek penelitian ini adalah manajemen perubahan di pondok pesantren Madarijul Ulum Bandar Lampung. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari narasumber terkait perubahan Pendidikan Diniyah Formal (PDF). Faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen perubahan, sedangkan faktor sekunder masih berupa teori-teori, data statistik serta data penunjang lainnya didapat dari kepala Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustha dan PDF Ulya dan dokumentasi pesantren. Sedangkan uji keabsahan data penelitian ini masih menggunakan teknik trigulasi, teknik trigulasi sumber. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. iv Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen perubahan di pondok pesantren madarijul ulum Bandar Lampung Fase Eksplorasi, penelitian ini bertujuan untuk memahami perubahan program pendidikan diniyah formal dan kebutuhan yang mendasari implementasi Pendidikan Diniyah Formal (PDF) di Pondok Pesantren Madarijul Ulum Bandar Lampung. Hal ini melibatkan analisis terhadap aspek-aspek yang mendukung program PDF, seperti kebutuhan sumber daya, kebijakan pemerintah, dan perspektif masyarakat lokal. Fase Perencanaan dalam fase ini sangat penting dalam manajemen perubahan. Dimana pemimpin pondok harus membuat strategi dan rencana yang jelas untuk implementasi program pendidikan diniyah formal (PDF). Hal ini termasuk dalam identifikasi sumber daya yang tersedia, pengembangan kurikulum yang relevan, dan pengaturan struktur pengelolaan yang efektif. Fase Tindakan pada fase ini, melibatkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang efektif, pengembangan fasilitas pendidikan, dan pengawasan mutu yang ketat. Selain itu, pemimpin pesantren selalu memastikan bahwa program pendidikan diniyah formal (PDF) dapat berjalan dengan baik meskipun tidak memiliki donatur tetap. Fase Integrasi Fase ini merupakan langkah akhir dalam manajemen perubahan. Hal ini termasuk dalam evaluasi hasil implementasi, peningkatan kinerja guru, dan pengembangan kompetensi santri. Selain itu, penelitian ini juga harus memastikan bahwa program pendidikan diniyah formal (PDF) di pondok pesantren Madarijul Ulum Bandar Lampung dapat mencetak kader-kader ulama yang berkualitas. Kata kunci : Manajemen perubahan, pondok pesantren v ASBTRACK The problem in this research concerns the Change Management process in the implementation of Formal Diniyah Education at the Madarijul Ulum Islamic boarding school in Bandar Lampung. This process played a crucial role in achieving success in the administration of the educational institution, which heavily depended on change management and its supporting components. It was not only related to the learning process but also involved other supporting aspects that helped develop the Formal Diniyah Education (PDF) program. In the change management process at Madarijul Ulum, Bandar Lampung, an overview of the implementation of the Formal Diniyah Education (PDF) program was obtained. The program had been running well, although the funding sources for the PDF program at the boarding school did not have a steady donor. This Formal Diniyah Education (PDF) program was based on the study of classical Islamic texts ("Kitab Kuning"), in line with the motto of Madarijul Ulum, which aimed to produce future scholars. This research aimed to understand how change management was carried out at the Madarijul Ulum Islamic boarding school in Bandar Lampung, covering several indicators, including the Exploration Phase, Planning Phase, Action Phase, and Integration Phase. The object of this research was the change management at the Madarijul Ulum Islamic boarding school in Bandar Lampung. The researcher employed data collection techniques such as interviews, observations, and documentation. Primary data were directly obtained from sources related to the changes in the Formal Diniyah Education (PDF). The supporting and inhibiting factors in change management were examined, while secondary factors included theories, statistical data, and other supporting data obtained from the heads of the Wustha and Ulya levels of Formal Diniyah Education (PDF) and the boarding school's documentation. The validity of the research data was tested using triangulation techniques, specifically source triangulation. The data analysis in this research involved data reduction, data presentation, and conclusion drawing. vi The results of this research showed that change management at the Madarijul Ulum Islamic boarding school in Bandar Lampung involved several phases. In the Exploration Phase, the research aimed to understand the changes in the Formal Diniyah Education program and the needs underlying the implementation of the Formal Diniyah Education (PDF) at the Madarijul Ulum Islamic boarding school in Bandar Lampung. This included an analysis of aspects supporting the PDF program, such as resource needs, government policies, and local community perspectives. In the Planning Phase, it was crucial for the leadership of the boarding school to develop clear strategies and plans for implementing the Formal Diniyah Education (PDF) program. This included identifying available resources, developing a relevant curriculum, and establishing an effective management structure. In the Action Phase, the focus was on effectively carrying out teaching and learning activities, developing educational facilities, and maintaining strict quality control. Additionally, the boarding school's leadership ensured that the PDF program continued to run smoothly even without a steady donor. The Integration Phase was the final step in change management. It involved evaluating the results of the implementation, improving teacher performance, and developing student competencies. Moreover, this research had to ensure that the Formal Diniyah Education (PDF) program at the Madarijul Ulum Islamic boarding school in Bandar Lampung succeeded in producing high-quality future scholarsgives appreciation to those who are consistent with the changes for the leadership to always monitor the progress achieved from the changes in this PDF program. Keywords : Change management, Islamic boarding schools
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 03:04 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 03:04 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |