DESMA, RIA (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI TIKET KERETA API SECARA ONLINE MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Salah satu pengembangan layanan yang diberikan dan dirasakan manfaatnya bagi pengguna transportasi adalah layanan mobile banking. Masyarakat dapat menggunakan mobile banking dalam memudahkan kegiatan transaksi pembayaran salah satunya adalah pembayaran E-Ticket KAI. Masyarakat memilih membayar tiket menggunakan mobile banking karena berdasarkan efisiensi yang didapat, benefit atau manfaat yang diterima dan tingkat penjualan yang dapat memperkuat kepercayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efisiensi, benefit, dan tingkat penjualan terhadap minat menggunakan mobile banking dalam pembayaran tiket KAI. Metodologi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang diperoleh dari hasil kuisioner yang telah dibagikan kepada sampel penelitian. Sampel pada penelitian ini berjumlah 92 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan efisiensi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menggunakan mobile banking hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang memiliki keperluan penting tidak dapat memesan tiket secara mendadak karena sudah kehabisan bangku dengan adanya sistem pembelian tiket secara online dan pembayaran menggunakan mobile banking sehingga masyarakat menganggap kurang efisien. Benefit berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking hal ini dikarenakan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dalam bertransaksi, menjalani aktivitas sehari-hari, dan produktiv dalam hal pekerjaan. Tingkat penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking. Masyarakat akan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap tingkat penjualan yang sudah terjadi sehingga mereka memiliki minat dalam menggunakan mobile banking. Kata Kunci : Efisiensi, Benefit, Tingkat Penjualan, Minat, dan Mobile Banking. ABSTRACT One of the service developments provided and the benefits felt by transportation users is the mobile banking service. The public can use mobile banking to facilitate payment transaction activities, one of which is KAI E-Ticket payments. People choose to pay for tickets using mobile banking because it is based on the efficiency obtained, the benefits received and the level of sales which can strengthen trust. The aim of this research is to determine the influence of efficiency, benefits and sales levels on interest in using mobile banking in paying KAI tickets. The methodology used is to use a quantitative approach with data obtained from the results of questionnaires that have been distributed to the research sample. The sample in this study amounted to 92 people. The data analysis technique used in the research uses instrument tests consisting of validity and reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression and hypothesis testing. The results of the research show that efficiency does not have a positive and significant effect on people's interest in using mobile banking. This is because many people who have important needs cannot order tickets suddenly because they have run out of seats with the online ticket purchasing system and payment using mobile banking, so people think it is not enough. efficient. Benefits have a positive and significant effect on interest in using mobile banking, this is because it can increase people's productivity in making transactions, carrying out daily activities and being productive at work. Sales level has a positive and significant effect on interest in using mobile banking. The public will have a high level of trust in the level of sales that have occurred so that they will have an interest in using mobile banking. Keywords: Efficiency, Benefits, Sales Level, Interest, and Mobile Banking.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 06:44 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 06:44 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34412 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |