PENGARUH MARKETING MIX 7P TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN HAJI PADA BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Tanjung Karang)

Dinda, Ayu Anggraeni (2024) PENGARUH MARKETING MIX 7P TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN HAJI PADA BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Tanjung Karang). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI  CETAK DINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Marketing Mix 7p adalah bauran pemasaran yang merupakan seperangkat alat yang digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik jasa yang ditawarkan oleh pelanggan. Bauran pemasaran (marketing mix) diantaranya terdiri dari produc), (price), (place), (promotion), (people), (process), (physical evidence). Tabungan haji adalah tabungan syariah yang diperuntukkan sebagai pendanaan keperluan haji dan umroh. Tabungan haji ini menggunakan akad wadiah (titipan) dan mudharabah muthlaqah yang sesuai dengan prinsip islam. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “Apakah marketing Mix 7p berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan haji di bank syariah indonesia”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan sampel berjumlah 65 responden nasabah yang menggunakan produk tabungan haji di Bank Syariah Indonesia KCP Tanjung Karang dengan menggunakan perhitungan rumus Slovin. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS (Statistical Products and Services Solutions) versi 26. Hasil penelitian ini dalam uji (t) terlihat bahwa variabel product memiliki thitung sebesar 5,063 dengan signifikasi sebesar 0,18. Variabel price memiliki thitung sebesar 3,063 dengan nilai signifikansi 0,028. Variabel promotion memiliki thitung sebesar 2,205 dengan nilai signifikansi 0,032. Variabel place memiliki thitung sebesar 2,373 dengan nilai signifikansi 0,00. Variabel people memiliki thitung sebesar 2,114 dengan nilai signifikasi 0,039. Variabel process memiliki thitung sebesar 2,014 dengan nilai signifikasi 0,049. Variabel physical evidence memiliki thitung sebesar 3,244 dengan nilai signifikasi 0,002. Hal ini menunjukakan bahwa variabel product, price, promotion, place, people, process, dan physical eviidence berpengaruh secara simultan terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan haji . Kata Kunci : marketing mix 7P, minat. ABSTRACT Marketing Mix 7p is a marketing mix that is a set of tools that marketers use to shape the characteristics of services offered by customers. The marketing mix consists of products, prices, places, promotions, people, processes, and physical evidence. Hajj savings are sharia savings that are allocated as funding for Hajj and Umroh. The study aims to answer the questions that form the problem: "Does marketing Mix 7p have a partial and simultaneous influence on the interest of customers using Haji savings products in Indonesian sharia banks". The method used in this study uses a quantitative research method, with a sample of 65 respondents who use Haji saving products in Indonesia (Sharia Bank KCP Tanjung Karang) using Slovin formula calculations. The analytical tool used is SPSS (Statistical Products and Services Solutions) version 26. The results of this study in the test (t) showed that the product variable has a thitung of 5,063 with a significance of 0,18. The variable price has a titling of 3,063 and a significance value of 0,028. The promotion variable had a value of 2,205 with a mean value of 0.032. The place variable has a titling of 2,373 with a significance value of 0.00. The people variable got a thatting of 2,114 with a value of 0.0039. The process variable had a thinning of 2,014 with a significance of 0.049. The physical evidence variable has a mean of 3,244 and a variance of 0,002. It shows that the variables product, price, promotion, place, people, process, and physical evidence simultaneously influence the interest of consumers in using Hajj savings products. Keywords: marketing mix (7P), interest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:31
Last Modified: 02 Aug 2024 07:31
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34381

Actions (login required)

View Item View Item