Winda, Latifatul Zahra (2024) PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN ADVERTISING DAN GREEN BRAND DENGAN PERSEPSI HARGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Superindo Cabang Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh green product, green advertising dan green brand terhadap Keputusan Pembelian pada SuperIndo. Adapun untuk mengetahui pengaruh moderasi harga pada green produk, green advertising dan green brand. Yang melatarbelakangi penelitian ini karena masih sangat minim mengenai keputusan pembelian pada barang yang ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi dengan jumlah penyebaran kuesioner kepada konsumen SuperIndo sebanyak 97 responden. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis SPSS 25. Hasil pengujian menyatakan bahwa green product berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. Hasil pengujian menyatakan bahwa green advertisin dan green brand berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil pengujian menyatakan bahwa green product,green advertising dan green brand berpengaruh negatif terhadap Keputusan pembelian setelah dimoderasi oleh harga. Adapun hasil penelitian adanya Pandangan Bisnis Islam mengenai pembelian, bahwasanya Islam melakukan keputusan membeli produk diwajibkan untuk melakukan pembelian pada produk yang sudah terjamin halal dan toyyibah (baik, bersih dan suci) dari bahan yang dikandung, pengolahannya harus baik serta aman dikonsumsi. Kata Kunci : Green Product, Green Advertising, Green Brand, Keputusan Pembelian dan Harga. ABSTRACT This research aims to find out how much influence green products, green advertising and green brands have on purchasing decisions at SuperIndo. As for knowing the effect of price moderation on green products, green advertising and green brands. The background to this research is that there is still very little regarding purchasing decisions for environmentally friendly goods. This research uses quantitative research methods. The data used are primary and secondary data. Data was collected using observation, questionnaires and documentation with a total of 97 respondents distributing questionnaires to SuperIndo consumers. The collected data was analyzed using the SPSS 25 analysis method. The test results state that green products have a positive and significant effect on purchasing decisions. The test results stated that green advertising and green brands had a negative and insignificant effect on purchasing decisions. The test results stated that green products, green advertising and green brands had a negative effect on purchasing decisions after being moderated by price. The research results show that there is an Islamic Business View regarding purchasing, that when making a decision to purchase a product, Islam is obliged to purchase a product that is guaranteed to be halal and toyyibah (good, clean and holy) from the ingredients contained, the processing must be good and safe for consumption. Keywords: Green Product, Green Advertising, Green Brand, Purchasing Decisions and Price.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:53 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:53 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |