FEBY, AMELIA (2024) PENGARUH DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA LIVE STREAMING TIKTOK DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Study Pada Generasi Z Pengguna Aplikasi Tiktok Di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Teknologi informasi dan komunikasi, terutama internet,telah memberikan manfaat besar bagi kehidupan masyarakat. Di Indonesia, 69% penduduk menggunakan media sosial untuk berbelanja dan bisnis. Alasan utama adalah fleksibilitas dan kemudahan memeriksa biaya. Media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan TikTok juga digunakan sebagai aplikasi periklanan. Selain itu, perkembangan teknologi telah mengubah cara pemasaran di Indonesia, dengan banyaknya aplikasi promosi dan penjualan online seperti TikTok. TikTok merilis fitur baru, TikTok Live, untuk memudahkan dan memberikan penawaran produk yang lebih murah. Pembeli dan penjual dapat berinteraksi secara online, menjual produk, dan mengatasi keraguan konsumen. Fitur ini juga membantu penjual meningkatkan pelayanan dan menunjukkan kualitas produk secara langsung penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh direct marketing terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan sebagai variabel moderasi dalam perspektif bisnis islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam kajian pustaka, kuesioner dan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah generasi z yang ada di Kota Bandar Lampung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Banyaknya sampel yang digunakan, ditentukan dengan rumus menurut widianto yang berjumlah 97 responden. Metode analisis data dengan menngunakan Partial Last Scructural Equation Modeling (PLS-SEM) dan pengolahan data menggunakan software smartPLS. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara direct marketing terhadap keputusan pembelian. Dan kepercayaan tidak memoderasi hubungan direct marketing terhadap keputusan pembelian. Dalam perspektif bisnis islam direct marketing terhadap keputusan pembelian pada live streaming tiktok belum menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis islam yaitu diantaranya kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajikan sehingga menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh pembisnis muslim. Kata Kunci : Direct Marketing, Keputusan Pembelian, Kepercayaan. ABSTRACT Information and communication technology, especially the internet, has provided great benefits to people's lives. In Indonesia, 69% of the population uses social media for shopping and doing business. The main reason is flexibility and ease of checking costs. Social media such as YouTube, Instagram, Facebook, and TikTok are also used as advertising applications. Apart from that, technological developments have changed the way of marketing in Indonesia, with many online promotion and sales applications such as TikTok. TikTok released a new feature, namely TikTok Live, to make it easier and provide cheaper product offers. Buyers and sellers can interact online, sell products and resolve consumer doubts. This feature also helps sellers improve service and demonstrate product quality directly. This research aims to determine the effect of direct marketing on purchasing decisions with trust as a moderating variable in an Islamic business perspective. This research uses quantitative methods. Data collection techniques in literature review, questionnaires and Likert scales. The population used in this research is generation z in Bandar Lampung City. Sampling in this research used purposive sampling technique. The number of samples used was determined using a formula according to Widianto, totaling 97 respondents. Data analysis method using Partial Last Scructural Equation Modeling (PLS-SEM) and data processing using smartPLS software. The results of this research show that there is a positive and significant influence between direct marketing on purchasing decisions. And trust does not moderate the relationship between direct marketing and purchasing decisions. From an Islamic business perspective, direct marketing regarding purchasing decisions on TikTok live streaming does not yet apply the principles of Islamic business ethics, namely unity, balance, free will, responsibility and virtue, so it is something that Muslim business people need to pay attention to. Keywords: Direct Marketing, Purchasing Decisions, Trust.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 04:04 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 04:04 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |