Zil, Azkia (2024) ANALISIS KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V DI MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya guru dalam menerapkan semua komponen keterampilan variasi pada pembelajaran menyebabkan keterampilan sosial siswa belum sepenuhnya terampil. Keterampilan sosial siswa harus dikembangkan karena pada dasarnya setiap anak akan hidup menjadi manusia sosial, namun kenyataannya masih banyak anak yang tidak dapat bersosialisasi dengan orang lain maupun lingkungannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan keterampilan variasi mengajar guru dalam menumbuhkan keterampilan sosial siswa kelas V MIN 6 Bandar Lampung, diharapkan dapat memberikan masukan untuk tindakan lebih lanjut dalam proses pembelajaran agar pada akhirnya dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Penelitian yang dilakukan penulis adalah adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V tahun ajaran 2023/2024 MIN 6 Bandar Lampung. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam mengadakan variasi mengajar meliputi cara mengajar, penggunaan alat atau media pembelajaran dan pola interaksi pada pembelajaran sudah baik. Pengadaan variasi pada pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada proses pembelajaran IPS menarik perhatian dan antusias siswa, kegiatan belajar menjadi menyenangkan, dan siswa berpartisipasi aktif pada pembelajaran yang diikutinya sehingga dapat menumbuhkan keterampilan sosial siswa. Kendala-kendala yang dihadapi guru saat mengadakan variasi pembelajaran yaitu keterbatasan media pembelajaran IPS dalam menunjang proses pembelajaran, serta rasa malu siswa dan tidak percaya diri saat diminta maju ke depan kelas. Keterampilan sosial siswa terlihat sudah baik terlihat dari rata-rata presentase sebasar 70,37% yang termasuk dalam kategori baik. Kata kunci: Variasi Mengajar, Keterampilan Sosial, IPS iv ABSTRACT The background of this research is that the lack of teachers in applying all components of variation skills in learning causes students' social skills to not be fully skilled. Students' social skills must be developed because basically every child will live as a social human being, but in reality there are still many children who cannot socialize with other people or their environment. The aim of this research is to determine the implementation of teachers' varied teaching skills in developing the social skills of class V MIN students. 6 Bandar Lampung, it is hoped that it can provide input for further action in the learning process so that in the end it can improve students' social skills. The research conducted by the author was descriptive qualitative research. The subjects of this research were class V teachers and class V students for the 2023/2024 academic year MIN 6 Bandar Lampung. The techniques used to collect data are observation, distribution of questionnaires, and documentation. Data analysis was carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the research results, it shows that the teacher's skills in carrying out teaching variations include teaching methods, use of learning tools or media and interaction patterns in learning are good. Providing variations in learning carried out by teachers in the social studies learning process attracts students' attention and enthusiasm, learning activities become fun, and students participate actively in the learning they participate in so that they can grow students' social skills. The obstacles faced by teachers when carrying out variations in learning are the limitations of social studies learning media in supporting the learning process, as well as students' shyness and lack of confidence when asked to come to the front of the class. Students' social skills appear to be good as seen from the average percentage of 70.37% which is included in the good category. Keywords: Teaching Variations, Social Skills, Social Studies
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 03:48 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 03:48 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |