DIAH, APRIANI (2024) PENGARUH GURU BERSERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMAN 1 TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Sertifikasi pendidik adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru dan dosen sebagai tanda profesional. Sertifikasi guru merupakan amanat Undang- undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kinerja guru merupakan kemampuan dari seorang guru untuk melakukan perbuatan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, yang mencakup aspek, perencanaan program belajar mengajar, pelaksanaan proses belajar mengajar, penciptaan dan pemeliharaan kelas yang optimal, pengendalian kondisi belajar, yang optimal, serta penilaian hasil belajar. Dari penjelasan tersebut penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Apakah terdapat pengaruh guru bersertifikasi terhadap kinerja guru di SMAN 1 Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh guru bersertifikasi terhadap kinerja guru di SMAN 1 Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh guru bersertifikasi terhadap kinerja guru di SMAN 1 Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling dimana populasi penelitian ini berjumlah 20 guru yang telah bersertifikasi dari total keseluruhan berjumlah 53 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar ke 20 guru yang telah bersertifikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan kuesioner dan dokumentasi, kuesioner dibagikan secara langsung kepada para guru yang telah bersertifikasi. Data yang diperoleh dari kuesioner di analisis menggunakan Teknik analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 26. Untuk uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment, untuk uji reliabilitas menggunakan Crombach’s Alpha dan untuk uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara guru bersertifikas terhadap kinerja guru di SMAN 1 Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir. Dilihat dari tabel koefisian, iv hasil nilai Thitung sebesar 14,063 dan Ttabel 1,729 dengan nilai signifikansi 0,000. Dengan kriteria Thitung > Ttabel dan jika Signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh yang Signifikan antara guru bersertifikasi terhadap kinerja guru di SMAN 1 Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir. Kemudian pada perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa nilai R square sebesar 0,917 yakni guru bersertifikasi terhadap kinerja guru di SMAN 1 Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir sebesar 91,7% sehingga sisanya 8,3% dipengaruhi oleh farktor-faktor lain diluar dari penelitian ini. Hasil penelitian ini bermanfaat sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan dalam pembinaan guru-guru di SMAN 1 Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir. Kata Kunci: Guru Bersertifikasi, Kinerja Guru v ABSTRACT Educator certification is formal proof of recognition given to teachers and lecturers as a professional mark. Teacher certification is a mandate of Law of the Republic of Indonesia No. 20 of 2003 concerning the National Education System. Teacher performance is the ability of a teacher to carry out actions in accordance with the stated objectives, which include aspects, planning teaching and learning programs, implementing the teaching and learning process, creating and maintaining optimal classes, controlling optimal learning conditions, as well as assessing learning outcomes. From this explanation, the author formulates the problem as follows: Is there an influence of certified teachers on teacher performance at SMAN 1 Tanjung Lubuk, Ogan Komering Ilir Regency? The aim of this research is to determine the effect of certified teachers on teacher performance at SMAN 1 Tanjung Lubuk, Ogan Komering Ilir Regency. The aim of this research is to find out how certified teachers influence teacher performance at SMAN 1 Tanjung Lubuk, Ogan Komering Ilir Regency. This research uses quantitative methods. Determining the sample in this study used Random Sampling where the population of this study was 20 teachers who had been certified out of a total of 53 teachers. The data collection technique used a questionnaire distributed to 20 certified teachers. Data collection was carried out using questionnaires and documentation, questionnaires were distributed directly to certified teachers. The data obtained from the questionnaire was analyzed using a simple linear regression analysis technique using the SPSS Version 26 program. To test the validity in this research we used product moment correlation, for the reliability test we used Crombach's Alpha and for the normality test we used Kolmogorov Smirnov, while for data analysis using simple linear regression analysis. The results of this research indicate that there is an influence between certified teachers on teacher performance at SMAN 1 Tanjung Lubuk, Ogan Komering Ilir Regency. Judging from the coefficient table, the Tcount value is 14.063 and Ttable 1.729 with a significance value of 0.000. With the criteria Tcount > Ttable and if vi significance < 0.05 then Ho is rejected so that there is a significant influence between certified teachers on teacher performance at SMAN 1 Tanjung Lubuk, Ogan Komering Ilir Regency. Then, in calculating the coefficient of determination, it is known that the R square value is 0.917, namely that certified teachers' performance on teacher performance at SMAN 1 Tanjung Lubuk, Ogan Komering Ilir Regency is 91,7% so that the remaining 8,3% is influenced by other factors outside of this research. The results of this research are useful as evaluation and consideration material in developing teachers at SMAN 1 Tanjung Lubuk, Ogan Komering Ilir Regency. Keywords: Certified Teacher, Teacher Performance
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 03:34 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 03:34 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34242 |
Actions (login required)
View Item |