PENGARUH TINGKAT KENYAMANAN, KEPERCAYAAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BELANJA ONLINE DENGAN AKAD SALAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

Ayu, Miranti (2024) PENGARUH TINGKAT KENYAMANAN, KEPERCAYAAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BELANJA ONLINE DENGAN AKAD SALAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI Ayu Miranti (1951020029).pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS (3).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya jual beli secara online seperti saat ini, masih banyak masyarakat yang takut dan ragu untuk melakukan belanja secara online. Ketakutan ini dapat berupa resiko yang mungkin saja bisa terjadi penipuan, masalah pembayaran, ataupun kualitas barang yang tidak sesuai dengan tertera yang digambar. Hal ini menyebabkan kurangnya kepercayaan masyarakat akan sistus pembelanjaan online dan keputusan pembelian online semakin sedikit. Oleh karena itu, pentingnya meningkatkan rasa kenyamanan, kepercayaan serta memberikan harga sesuai dengan kualitas barang supaya semakin banyak masyarakat yang melakukan keputusan pembelian online dengan akad salam. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2019-2021 dengan jumlah total 3515 mahasiswa. Jumlah sampel yang akan dipilih dalam penelitian maka digunakan metode Taro Yamane yaitu dengan tingkat kesalahan 10% dan menghasilkan sampel sebanyak 97 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling yang digunakan adalah simple random, yaitu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan cara acak tanpa memperlihatkan strata (tingkatan) dalam anggota populasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 26. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa kenyamanan, kepercayaan dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian belanja online dengan akad salam, sedangkan Hasil penelitian berdasarkan simultan menunjukkan variabel kenyamanan, kepercayaan dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian belanja online dengan akad salam. Berarti keputusan pembelian belanja online dengan akad salam dipengaruhi tiga variabel secara bersamaan yaitu kenyamanan, kepercayaan dan harga. Jika kenyamanan, kepercayaan dan harga dilakukan secara bersamaan maka konsumen akan lebih nyaman dan percaya dalam melakukan keputusan pembelian belanja online dengan akad salam.. Kata Kunci: Kenyamanan, Kepercayaan, Harga, Keputusan Pembelian. ABSTRACT This research is motivated by the rise of online buying and selling as it is today, there are still many people who are afraid and hesitant to do online shopping. These fears can be in the form of possible risks of fraud, payment problems, or the quality of goods that do not match what is shown in the picture. This leads to a lack of public trust in the online shopping system and reduced online purchasing decisions. Therefore, it is important to increase the sense of comfort, trust and provide prices that match the quality of the goods so that more people make online purchasing decisions with the salam contract. This research method uses a quantitative type of research with an associative approach. The population in this study were students from the 2019-2021 Faculty of Islamic Economics and Business with a total of 3515 students. The number of samples to be selected in the research used the Taro Yamane method, with an error rate of 10% and resulted in a sample of 97 students. The sampling technique used is probability sampling used is simple random, namely a sampling technique from members of the population using a random method without showing the strata (levels) within the members of the population. The data used in this research is primary data. The data analysis method in this research is multiple regression analysis with the help of the SPSS 26 program. Partial research results show that comfort, trust and price have a significant influence on purchasing decisions for online shopping with a greeting contract, while simultaneous research results show that the variables of comfort, trust and price have an influence on online shopping purchasing decisions with a greeting contract. This means that the decision to purchase online shopping with a greeting agreement is influenced by three variables simultaneously, namely comfort, trust and price. If comfort, trust and price are carried out simultaneously, consumers will be more comfortable and confident in making online purchasing decisions with greeting agreements Keywords: Comfort, Trust, Price, Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:16
Last Modified: 29 Jul 2024 03:16
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34218

Actions (login required)

View Item View Item