PERBANDINGAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI GREEN PRODUCT DAN NON GREEN PRODUCT BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung)

BAMBANG, IRAWAN (2024) PERBANDINGAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI GREEN PRODUCT DAN NON GREEN PRODUCT BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK BAMBANG IRAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di Indonesia, khususnya di Kota Bandar Lampung, minat terhadap green product masih dalam tahap berkembang. Sebagai salah satu kota besar di Pulau Sumatera, Bandar Lampung memiliki potensi besar untuk menjadi pasar yang mendukung produk-produk ramah lingkungan. Namun, untuk memahami potensi ini secara lebih mendalam, penting untuk mengkaji sikap konsumen setempat terhadap green product dan non green product. Sikap konsumen ini mencakup berbagai faktor seperti pengetahuan akan kesadaran lingkungan, kepercayaan terhadap klaim produk, persepsi mengenai harga dan kualitas, serta Kebijakan dan Regulasi Pemerintah. Rumusan masalah dari penelitian ini: Bagaimana perbedaan sikap masyarakat Kota Bandar Lampung minat beli green product dan non green product?, Bagaimana pandangan Bisnis Islam mengenai sikap konsumen terhadap minat beli green product dan non green product pada masyarakat kota Bandar Lampung?. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana perbedaan sikap masyarakat Kota Bandar Lampung terhadap minat beli green product dan non green product dalam perspektif Bisnis Islam. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif, metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota bandar lampung, jumlah sampel 96 responden. Teknik pengumpulan data observasi, dukumentasi (kepustakaan), menyebarkan koisioner pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden melalui Google From dengan menggunakan skala likert sebagai data yang akan diolah menggunakan bantuan software SPSS versi 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap konsumen terhadap minat beli green product dan non green product tidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan hasil uji paired T-test nilai signifikansi 0.944 lebih besar dari 0.05, dan hasil uji one way anova mendapatkan hasil signifikasi 0.975 lebih besar dari 0.05 yang menyatakan hipotesis ditolak Kata Kunci: Sikap konsumen, minat beli, green product, dan non green product. ABSTRACT In Indonesia, especially in Bandar Lampung City, interest in green products is still growing. As one of the major cities on the island of Sumatra, Bandar Lampung has great potential to become a market that supports environmentally friendly products. However, to understand this potential in more depth, it is important to examine the attitudes of local consumers towards green products and non-green products. These consumer attitudes include various factors such as knowledge of environmental awareness, trust in product claims, perceptions of price and quality, and Government Policies and Regulations. The formulation of the problem of this research: How is the difference in the attitude of the people of Bandar Lampung City in buying interest in green products and non-green products?, What is the view of Islamic Business regarding consumer attitudes towards buying interest in green products and non-green products in the city of Bandar Lampung? Therefore, this study aims to determine how the differences in attitudes of the people of Bandar Lampung City towards buying interest in green products and non-green products in the perspective of Islamic Business. This research method uses comparative quantitative methods, the sampling method in this study uses purposive sampling method. The population in this study was the people of Bandar Lampung city, the number of samples was 96 respondents. Data collection techniques are observation, documentation (literature), distributing questionnaires or written statements to respondents via Google From using a Likert scale as data to be processed using the help of SPSS software version 22 for windows. The results of this study indicate that consumer attitudes towards buying interest in green products and non-green products are not significantly different as evidenced by the results of the paired T�test significance value of 0.944 greater than 0.05, and the results of the one way anova test get a significance result of 0.975 greater than 0.05 which states the hypothesis is rejected. Keywords: Consumer attitudes, purchase intention, green products, and non-green products.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:05
Last Modified: 31 Jul 2024 02:54
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34215

Actions (login required)

View Item View Item