Hazama, Titania Kiara (2024) MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Manajemen layanan perpustakaan merupakan kegiatan pemberian pelayanan kepada pengguna perpustakaan madrasah dalam menggunakan buku-buku dan bahan-bahan pustaka lainnya. Pengguna perpustakaan madrasah pada dasarnya meliputi peserta didik, guru�guru, dan anggota staf madrasah lainnya. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok pemasalahannya adalah pengunjung perpustakaan di MIN 5 Bandar Lampung yang menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen layanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca di MIN 5 Bandar Lampung dan berkaitan dengan layanan sirkulasi, layanan referensi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan jenis kualitatif deskriptif. Penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data untuk mengumpulkan data yang komprehensif. Menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dalam metode analisis data. Informasi dalam penelitian ini diperoleh langsung dari petugas perpustakaan, guru, dan peserta didik MIN 5 Bandar Lampung. Menggunakan triangulasi sumber untuk menilai validitas data atau uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen layanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca di MIN 5 Bandar Lampung sudah berjalan dengan efektif. Pada layanan sirkulasi perpustakaan menerapkan sistem layanan terbuka (open acces system), melayani peserta didik yang akan meminjam buku dan melayani peserta didik yang ingin mengembalikan buku. Perpustakaan juga menerapkan berapa lama waktu peminjaman dan pemberian sanksi jika telat mengembalikan buku, merusak buku dan menghilangkan buku. Menata koleksi sesuai dengan kelompoknya. Dan membuat grafik statistik pengunjung dan peminjaman. Layanan referensi di MIN 5 Bandar Lampung sendiri meliputi: memberikan layanan informasi, bimbingan belajar, pengadaan bahan pustaka, pengelolaan bahan pustaka. Memiliki kelengkapan koleksi sebanyak 1.180, update koleksi sesuai kebutuhan peserta didik. Jika dilihat dari layanan sirkulasi dan layanan referensi yang telah dijalankan, mereka dapat memberikan peserta didik layanan yang baik. Seperti, peserta iv didik mudah dalam mencari bahan referensi karena memakai sistem layanan terbuka, memenuhi keinginan peserta didik, seperti bekerja sama dengan wali kelas untuk mengetahui buku apa yang dibutuhkan oleh peserta didik. Hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwasannya manajemen layanan perpustakaan sudah berjalan dengan baik, yang dimana layanan sirkulasi dan referensi telah berjalan secara efektif, tetapi sayangnya dalam meningkatkan minat baca peserta didik belum berjalan secara maksimal. Kata kunci: Manajemen Layanan Perpustakaan, Minat Baca v ABSTRACT Library service management involves providing services to madrasah library users, including students, teachers, and other staff members, to facilitate their use of books and other library materials. This research addresses the main problem of a decreasing number of library visitors at MIN 5 Bandar Lampung. The aim is to describe library service management in increasing reading interest at MIN 5 Bandar Lampung, focusing on circulation services, reference services, and efforts to boost students' reading interest. This research employs a descriptive qualitative method. The author uses observation, interviews, and documentation as data collection methods to gather comprehensive data. Data analysis methods include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Information was obtained directly from library staff, teachers, and students of MIN 5 Bandar Lampung, with source triangulation used to assess or test data validity. The results indicate that library service management at MIN 5 Bandar Lampung has been effectively implemented in increasing reading interest. The library's circulation service employs an open access system, facilitating book borrowing and returns. The library also enforces borrowing time limits and imposes sanctions for late returns, book damage, and book loss. It organizes collections by category and creates visitor and loan statistics graphs. Reference services at MIN 5 Bandar Lampung include providing information services, study guidance, procuring library materials, and managing these materials. The library has a complete collection of 1,180 items, updated according to student needs. The circulation and reference services provide good support for students, making it easy for them to find reference materials due to the open access system. The results of the research above can be concluded that library service management has been running well, where circulation and reference services have been running effectively, but unfortunately increasing students' interest in reading has not been running optimally. Furthermore, librarians at MIN 5 Bandar Lampung have made efforts to increase students' reading interest by working with homeroom teachers to determine needed books and allowing students to read books at vi various stages of creation. In conclusion, while library service management at MIN 5 Bandar Lampung has been well executed, the effort to increase students' interest in reading has not yet achieved optimal results. Keywords: Library Service Management, Interest in Reading.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 03:54 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 03:54 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34094 |
Actions (login required)
View Item |