SALSABILLA, SUMARDI (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) DI MAN 1 TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Manajemen pelayanan publik merupakan penerapan fungsi�fungsi manajemen pada penyelenggaraan pelayanan yang dilaksanakan oleh lembaga pedidikan khususnya madrasah melalui pelayanan atas barang, jasa, dan pelayanan administratif. Implementasi pelayanan terpadu satu pintu adalah inovasi baru dalam meningkatkan kualitas layanan dilaksanakan dengan koordinasi sistem pengelolaan data yang belum terintegrasi dan masih banyaknya proses manual yang dilakukan pada pelaksanaan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan. analisis data Penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen pelayanan publik dalam meningkatkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di MAN 1 Tanggamus yaitu: 1) Perencanaan pelayanan publik dilaksanakan dengan menetapka tujuan yang dapat mempermudah alur Pelayanan publik yang ada di Madrasah, perencanaan dilakukan dengan mendirikan prasarana PTSP sebagai tempat pelayanan dengan segala jenis layanan yang dapat ditampung pada satu tempat. 2) Pengorganisasian pelayanan publik yaitu dengan cara menentukan siapa yang bertugas di PTSP atau pengalokasian Sumber Daya Manusia (SDM) dan penjabaran tugas atau pengklasifikasian job description. 3) Pelaksanaan pelayanan publik masih dilakukan secara manual, layanan yang ada di PTSP MAN 1 Tanggamus diantaranya: penerimaan tamu, layanan persuratan, layanan izajah, layanan kesiswaan, dan layanan perizinan melakukan pra/Penelitian . 4) Pengawasan pelayanan dilakukan oleh kepala madrasah secara langsung pengawasan ini untuk memantau kegiatan khususnya pada pelayanan dalam mengukur sejauhmana kinerja yang telah dilaksanakan agar dapat dilakukannya evaluasi maka layanan dapat terlaksanan secara terstruktur efektif dan efesien. Kata kunci: Manajemen Pelayanan Publik, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). ABSTRACT Public management is the application of management functions in the provision of services carried out by educational institutions, especially madrasas, through the provision of goods, services and administrative services. The implementation of one-stop integrated services is a new innovation in improving service quality which is carried out by coordinating a data management system that is not yet integrated and there are still many manual processes carried out in the implementation of public services. This research uses a descriptive qualitative approach, data collection techniques using interviews, observation and documentation with informants. This research data analysis uses data reduction, data presentation and conclusion drawing, while data validity testing uses source triangulation. The results of the research show that the implementation of public service management in improving One Stop Integrated Services (PTSP) at MAN 1 Tanggamus is: 1) Public service planning is carried out by setting goals that can facilitate the flow of public services in Madrasahs, planning is carried out by building PTSP infrastructure as a service place with all types of services that can be placed in one place. 2) Organizing public services, namely by determining who is in charge of PTSP or allocating Human Resources (HR) and explaining tasks or classifying job descriptions. 3) Implementation of public services is still carried out manually, services at PTSP MAN 1 Tanggamus include: guest reception, correspondence services, certificate services, student services, and pre/research permit services. 4) Service supervision is carried out by the head of the madrasah directly. This supervision is to monitor activities, especially in services, in measuring the extent of performance that has been implemented so that evaluations can be carried out so that services can be carried out in a structured, effective and efficient manner. Keywords: Public Service Management, One Stop Integrated Service.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 03:04 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 03:04 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33986 |
Actions (login required)
View Item |