PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SDN 1 METRO BARAT, KOTA METRO

Fadila, Rahmadina (2024) PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SDN 1 METRO BARAT, KOTA METRO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK FADILLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan lingkungan yang ada di darat ataupun di air sudah mencapai keadaan yang sulit. Beberapa isu yang terjadi seperti pencemaran lingkungan, perubahan iklim, krisis air, dan pengurangan hutan. Penggunaan sampah plastik dapat berakibat pada gangguan kesehatan serta bila ditimpah terus-menerus, dalam tanah akan merusak tanah, air tanah, karena plastik tidak mudah untuk diurai oleh mikroorganisme. Terselenggaranya program sekolah Adiwiyata merupakan jalan atau usaha yang tepat dalam rangka keberhasilan dari program pembangunan nasional berkelanjutan. Lewat penyelenggaraan program sekolah Adiwiyata ini dapat membangun keterkaitan, mengerti, dan tanggung jawab baik dari warga sekolah, komite sekolah, lembaga masyarakat, atau berbagai pihak lain yang dapat terlibat untuk berperan aktif menjaga, memelihara, dan melestarikan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan SD Negeri 1 Metro Barat dalam meraih penghargaan Adiwiyata dan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik di SD Negeri 1 Metro Barat. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator lingkungan, pendidik, dan perwakilan peserta didik SD N 1 Metro Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan temuan tentang program Adiwiyata yang dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evalusi. Dalam program Adiwiyata untuk membentuk karakter peduli lingkungan dilaksanakan melalui (a) Kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, (b) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, (c) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, (d) pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Dalam hal ini juga program Adiwiyata di SD Negeri 1 Metro Barat sudah berjalan dilihat dari pembiasaan dan praktik-praktik. Kendala program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan di SD Negeri 1 Metro Barat yaitu kurangnya tenaga pendidik, dan fasilitas terbaru untuk menunjang peserta didik dalam pembiasaan peduli terhadap lingkunagan. Kata kunci: Program Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan. iii ABSTRACT The Adiwiyata program's introduction into schools is a suitable first step toward ensuring the accomplishment of sustained national development initiatives. All members of the school community, including students, faculty, school committees, community organizations, and other stakeholders, can develop a strong sense of connection, understanding, and responsibility through this program to actively participate in protecting and conserving the environment. The purpose of this study is to present SD Negeri 1 Metro Barat's achievement in receiving the Adiwiyata award and to assess the students' environmental care qualities. Using a descriptive qualitative methodology, the study includes the principle of the school, the environmental coordinator, teachers, and student representatives from SD Negeri 1 Metro Barat as research subjects. Among the techniques used to obtain data are observation. The research data indicates that three steps are involved in the implementation of the Adiwiyata program at SD Negeri 1 Metro Barat: planning, execution, and assessment. The Adiwiyata program combines environmentally conscious school regulations, an environmentally focused curriculum, participatory environmental activities, and the preservation of environmentally friendly facilities to instill a spirit of environmental care. The Adiwiyata program has been successfully implemented, but there are still limitations, like a shortage of teachers and suitable spaces, that prevent kids from fully engaging in activities that promote environmental consciousness. Keywords: Adiwiyata Programs, Environmental Care Character.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:00
Last Modified: 02 Jul 2024 03:25
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33736

Actions (login required)

View Item View Item