PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI MA GUPPI SRAGI LAMPUNG SELATAN

Waliatus, Sa’adah (2024) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI MA GUPPI SRAGI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI WALIATUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Disiplin Kerja guru yang baik dapat didukung oleh beberapa faktor dan indikator. Hal ini dapat dilihat dari Disiplin Kerja Guru di MA Guppi Sragi Lampung Selatan yang sudah baik hanya saja belum maksimal, karena adanya beberapa kendala yang dialami kepala madrasah yaitu perbedaan karakter setiap guru.Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran dari guru itu sendiri, namun dalam hal ini kepala madrasah tetap mengupayakan perbaikan atas kekurangan tersebut. Salah satu faktor adalah kepemimpinan kepala madrasah dimana seorang kepala madrasah harus memiliki kemampuan Memberi Teladan guru, Mengarahkan Guru, dan Memotivasi guru dengan baik.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin kerja guru, dalam hal Memberi teladan, Mengarahkan dan Memotivasi. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di MA Guppi Sragi Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif ,dilakukan di MA Guppi Sragi Lampung Selatan, Sumber data dari penelitian diperoleh dari teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yang dicapai dengan jalan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara dari berbagai sumber dan Triangulasi teknik yang dikumpulkan dari hasil wawancara,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam (Memberi Teladan) Kepala madrasah dalam memberi teladan dengan memberikan contoh yang baik kepada para guru.Kepala madrasah memberi teladan dalam kedisiplinan waktu seperti datang lebih awal dari guru.Kepala madrasah memberi teladan dalam berpakaian yang rapih serta sesuai jadwal seragam.Kepala madrasah dalam memberi teladan dalam berperilaku seperti bertutur kata dengan baik.Dalam hal ini kepala madrasah memberi teladan dengan bertanggung jawab seperti mengayomi warga madrasah dan bertanggung jawab kepada tugas iv yang telah diberikan.Kepala madrasah sudah menjalankan perannya dalam memberikan teladan.sehingga para guru dapat mencontoh apa yang dilakukan kepala madrasah Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam (Mengarahkan) Kepala madrasah dalam mengarahkan guru untuk meningkatkan disiplin kerja guru dengan cara melakukan bimbingan secara langsung. Kepala madrasah Selalu menyisihkan waktu untuk berkontak langsung dengan guru secara terbuka,.Sudah menjadi tanggung jawab kepala madrasah apabila bawahan memiliki kekurangan atau kesalahan dalam peningkatan disiplin kerja dan sudah seharusnya kepala madrasah membantu membimbing memberikan solusi yang terbaik dengan memberikan nasihat dan saran. Kepala madrasah mengarahkandengan mensosialisasikan tata tertib madrasah agar guru bisa terus mengingat dan menjalankan disiplin dengan baik dan optimal. Kepala madrasah mengikut sertakan guru dalam setiap kegiatan pengambilan keputusan contohnya dalam rapat.Kepala madrasah sering mengadakan rapat bertujuan untuk membantu guru agar dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan prosedurnya. Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam (Memotivasi) guru dengan Peran Kepemimpinannya, Kepala madrasah dalam memotivasi dengan memberikan motivasi secara langsung.Kepala madrasah memotivasi dengan Memberikan Kata-kata pembangkit semangat berupa wejangan dan nasihat yang baik mengenai kedisiplinan, Kepala madrasah memotivasi dengan memberikanPenghargaan atau apresiasi yaitu ucapan dan memberikan sertifikat penghargaan atau sebuah cendera mata kepada guru yang telah mematuhi disiplin yang ada.Kepala Madrasah memotivasi dengan memberikan sanksi atau hukuman, hukuman yang diberikan berupa teguran serta peringatan,.Kepala Madrasah memotivasi dengan menciptakan lingkungan yang kondusif atau suasana keja yang nyaman.seperti memberikan himbauan mengenai kebersihan dan memenuhi fasilitas kerja dengan melengkapi sarana dan prasarana . Kata Kunci :Kepemimpinan Kepala Madrasah, Disiplin Kerja v ABSTRACT Good teacher work discipline can be supported by several factors and indicators. This can be seen from the work discipline of teachers at MA Guppi Sragi, South Lampung, which is good, but not yet optimal, because there are several obstacles experienced by The role of the principal, namely the differences in the character of each teacher. This happens because of a lack of awareness on the part of the teachers themselves, but in terms of Currently, the head of the madrasa continues to strive to improve these deficiencies. One factor is the leadership of the madrasa head where a madrasa head must have the ability to set an example for teachers, direct teachers and motivate teachers well. This research aims to describe the leadership role of madrasa heads in improving teacher work discipline, in terms of setting an example, directing and motivating. This research was conducted to find out the role of madrasa head leadership in improving teacher work discipline at MA Guppi Sragi South Lampung. This research used a qualitative approach, carried out at MA Guppi Sragi South Lampung. Data sources for the research were obtained from interview techniques, observation and documentation. Data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation and data verification. Meanwhile, data validity techniques use source triangulation which is achieved by comparing observation data with interview data from various sources and triangulation techniques collected from interviews, observations and documentation. The results of the research show that the Leadership Role of the Principal in (Setting an Example) The principal in setting an example by giving a good example to the teachers. The madrasah head is setting an example in time discipline such as arriving earlier than the teacher. and according to the uniform schedule. The principal of the madrasah is setting an example in behavior such as speaking well. In this case the head of the madrasah is setting an example by being responsible, such as protecting the madrasah residents and being responsible for the tasks that have been given. The principal has carried out his role in providing an example. so that vi teachers can emulate what the madrasah head does. Leadership Role of the principal in (Directing) The principal in directing teachers to improve teacher work discipline by providing direct guidance. The principal always sets aside time to have direct contact with teachers openly. It is the responsibility of the principal if subordinates have deficiencies or errors in improving work discipline and the head of the madrasah should help guide them in providing the best solutions by providing advice and suggestions. The principal directs the socialization of madrasah rules so that teachers can continue to remember and carry out discipline well and optimally. The principal involves teachers in every decision-making activity, for example in meetings. The principal often holds meetings aimed at helping teachers to complete tasks according to procedures. The Leadership Role of the Madrasah Principal in (Motivating) teachers with his Leadership Role, the Madrasah Principal in motivating by providing direct motivation. The Madrasah Principal motivates by giving encouraging words in the form of advice and good advice regarding discipline. The Madrasah Principal motivates by giving awards or appreciation, namely greetings and giving certificates of appreciation or souvenirs to teachers who have complied with existing discipline. The principal motivates by giving sanctions or punishments, the punishment given is in the form of reprimands and warnings. The principal motivates by creating a conducive environment or comfortable working atmosphere. such as providing advice regarding cleanliness and fulfilling work facilities by completing facilities and infrastructure. Keywords: The Principal, Work Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:31
Last Modified: 12 Jun 2024 05:47
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33580

Actions (login required)

View Item View Item