ZULFA, AZKIA NISA (2024) STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MEMBANGUN CITRA LEMBAGA KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran adalah sebuah lembaga pelayanan pemerintah yang tidak hanya bertugas menyelenggarakan urusan agama seperti pelaksanaan haji dan umroh, Pencatatan nikah dan juga pendidikan Islam. Namun juga memiliki berbagai program dan kegiatan yang menunjang berbagai aspek sesuai dengan bidangnya masing-masing. Saat ini kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran masih belum diketahui oleh masyarakat luas. Sehingga dalam hal ini tentunya Humas berperan penting sebagai perantara antara lembaga dan publiknya untuk menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga pelayanan yang aktif menjalankan tugas serta fungsinya secara maksimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian Field Research, sumber data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari Kasubbag Humas, Pranata Humas dan Pelaksana Humas Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Humas Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran membangun citra lembaganya salah satunya melalui kegiatan yang dilakukan, baik kegiatan yang dilakukan secara langsung, tidak langsung atau melalui media, juga kegiatan unggulan yang dilakukan untuk menarik lebih banyak opini publik, serta penyelenggaraan program-program prioritas Kementerian Agama yang juga melibatkan Humas sebagai pelaksana. Strategi yang digunakan oleh Humas Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran untuk membangun citra adalah dengan melakukan berbagai pendekatan Public Relations berupa strategi operasionalisasi, ajakan secara halus dengan pesan yang mendidik, pendekatan kerjasama dan pendekatan melalui koordinasi dan kebijakan. Kata Kunci : Strategi, Public Relations, Kementerian Agama, Citra.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 20 May 2024 07:08 |
Last Modified: | 20 May 2024 07:08 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |