EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

Defi, Erliyana (2024) EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEFI ERLIYANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Praktik Kerja Industri (Prakerin) di SMK muhammadiyah 2 Bandar Lampung sudah diterapkan dan dilaksanakan. Tetapi masih perlu dievaluasi karena belum optimal dalam menghasilkan lulusan yang dapat dengan mudah diserap oleh dunia usaha/dunia industri sesuai dengan jurusan para lulusan. Banyaknya lulusan yang tidak dapat terserap oleh dunia usaha/dunia industri dikarenakan tingkat kesiapan kerja lulusan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan program prakerin pada kompetensi keahlian teknik komputer jaringan (TKJ) dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data dalam penilitian ini diperoleh dari kepala sekolah, ketua program keahlian TKJ, guru produktif, guru pembimbing I (guru), guru pembimbing II (instruktur DU/DI) dan siswa kelas XII TKJ yang sudah melaksanakan prakerin. Tempat penelitian yaitu di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu trianggulasi sumber. Hasil temuan yang diperoleh di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung mengenai evaluasi program praktik kerja industri pada kompetensi keahlian TKJ yaitu : (1) Tahapan Context (Konteks), pada komponen konteks yang mencakup landasan hukum, latar belakang, visi dan misi sekolah, tujuan diselenggarakannya program, dan naskah kerjasama (MoU), serta profil kompetensi keahlian TKJ sudah sangat baik dan sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan. (2) Tahapan Input (Masukan), sekolah telah mengupayakan penyusunan/strategi pelaksanaan program yang meliputi panitia, sasaran, kesepakatan kerja dan mengadakan buku panduan, prosedur penempatan siswa dan desain penempatan siswa yang meliputi sosialisasi dan pembekalan, penjadwalan program kerja, sarana dan prasarana, pengelolaan anggaran dan sumber daya manusia, sehingga dalam pelaksanaanya hasilnya sangat baik. (3) Tahapan Process (Proses), pada tahapan proses sudah dilaksanakan dengan cukup baik, pada aspek pelaksanaan prakerin oleh peserta dilakukan selama 3 bulan, pada aspek pengawasan pihak sekolah, dalam melakukan kunjungan sekaligus untuk pengawasan sesuai prosedur sekolah dilakukan yaitu 1 kali dalam seminggu selama 3 bulan, dimulai pada saat mengantar, menjenguk dan menjemput. Pembimbing I juga melakukan monitoring melalui online. (4) Tahapan Product (Hasil), pada aspek laporan prakerin, belum diadakan presentasi/sidang prakerin sebagai tindak lanjut setelah siswa menyelesaikan laporan prakerin. Kata Kunci : Evaluasi Program, Prakerin, TKJ, CIPP. iii ABSTRACT Industrial Work Practices (Prakerin) at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung heve been implemented and implemented. However, it still needs to be evaluated because it is not yet optimal in producing graduates who can be easily absorbed by the industrial world according to the graduates majors. Many graduates cannot be absorbed by the business/industrial world because the level of graduate work readiness is still low. This research aims to determine the strengths and weaknesses of the intership program in computer network engineering (TKJ) skills competencies using the CIPP (Context, Input Process and Product) model. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. In this research, there were school principals, head of TKJ skills programs, productive teachers, supervising teachers I (teachers), supervising teachers II (DU/DI instructors) and class XII TKJ students who have carried out practical work. The research location is at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Data collection techniques were carried out using interview, obsevation and documentation techniques. The validity test of the date used is source triangulation. The findings obtained at SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung regarding the evaluation of the industrial work practice program on TKJ skill competencies were : (1) Context stages, in the context component which includes legal basis, background, school vision and mission, objectives for implementing the program, the da and cooperation text (MoU), as well as the competency profile of TKJ’s expertise were very god and in accordance with predetermined guidelines. (2) Input stages, the school has attempted to prepare a program implementation strategy which includes committee, targets, work agreement and holding a guidebook, student placement procedures and student placement design which includes socialization and provision, work program scheduling, facilities and infrastructure, management budget and human resources, so that in its implementation the result are very good. (3) Process stages, the process stages have been implemented quite will, in the aspect of implementing internships by participants for 3 months, in the aspect of supervision by the school, in carrying out visits at the same time, supervision according to school procedures is carried out once a week for 3 months, starting when dropping off, visiting and picking up the supervisor also carry out online monitoring. (4) Product stages, in the intership report aspect, there has not been a internship session presentation as a follow-up after students hace completed the internship report. Keywords : Program Evaluation, Prakerin, Computer Network Engineering, CIP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2024 07:06
Last Modified: 17 May 2024 08:56
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33271

Actions (login required)

View Item View Item