PERAN TENAGA ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

Monik, Mutiah (2024) PERAN TENAGA ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi monik bismillah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tenaga administrasi merupakan unsur pokok dalam pengelolaan kegiatan-kegiatan di madrasah. Tenaga administrasi berperan penting dalam melayani, membantu, dan mengarahkan sumber daya madrasah dalam memenuhi kebutuhannya dalam pelaksanaan pendidikan di madrasah. Kualitas pelayanan administrasi madrasah dapat diukur dengan tingkat efektivitas, efisiensi dan rasionalitas dalam pelayanan administrasi madrasah. Kualitas pelayanan sangat diperlukan dalam hal kecepatan, ketepatan, keramahan, dan kenyamanan dalam memberikan kepuasan layanan kepada pelanggan. Fokus dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Tenaga Administrasi, Kinerja Tenaga Administrasi, Strategi Tenaga Administrasi, Faktor Pendukung, dan Penghambat Tenaga Administrasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di MTs Negeri 1 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk menganalisa data yang diperoleh, peneliti menggunakan uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Sumber data dalam penelitian ini diantaranya, Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Staf Tata Usaha, dan Guru. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran tenaga administrasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan di MTs Negeri 1 Bandar Lampung terdapat 5 indikator diantaranya, peran tenaga administrasi dalam melaksanakan tugasnya yaitu administrasi kepegawaian dilihat dari menyiapkan buku kegiatan harian dan kepegawaian, serta membuat daftar hadir guru, administrasi kurikulum dilihat dari membuat dan menyusun jadwal kegiatan persemester, administrasi kesiswaan dilihat dari penerimaan peserta didik baru dan menyimpan data siswa, administrasi persuratan dan pengarsipan dilihat dari penerimaan surat masuk dan menyiapkan surat keluar, serta melakukan pengarsipan dalam bentuk soft file dan hard file, administrasi sarana dan prasarana dilihat dari penyediaan iv fasilitas belajar seperti ruang kelas, papan tulis, AC, dan LCD proyektor, penyediaan fasilitas ruang TU seperti computer dan printer. Dalam kinerja tenaga administrasi dalam memberikan pelayanan yaitu di bidang akademik dilihat dari membuat jadwal guru piket dan melakukan evaluasi pada pembelajaran, di bidang personalia dilihat dari melengkapi data-data dan surat-surat yang akan diperlukan untuk mengusulkan kenaikan pangkat dan mutasi, di bidang hubungan dengan masyarakat dilihat dari menjalin kerjasama dengan orang tua siswa seperti mengadakan seminar tentang parenting dan menjalin kerjasama dengan masyarakat sekitar seperti mengundang untuk menghadiri acara yang diadakan di madrasah. Dalam menentukan strategi tenaga administrasi dimulai dengan perencanaan untuk memaksimalkan kinerja yang akan datang kedepannya, pengorganisasian diperlukan dari pembagian kerja yang memiliki tupoksi masing-masing, terakhir evaluasi untuk melihat proses dan hasil yang akan dicapai dalam pelayanan administrasi di madarsah ini. Dalam mengetahui faktor pendukung tenaga administrasi dilihat dari pelayanan terhadap siswa yaitu melakukan pembayaran SPP tepat pada waktunya, pelayanan terhadap guru yaitu pembuatan jadwal KBM dan guru piket, pelayanan terhadap semua pelanggan yaitu penyediaan fasilitas ruang TU seperti komputer, printer, dan akses internet. Dalam mengetahui faktor penghambat tenaga administrasi dilihat dari pelayanan terhadap siswa yaitu keterlambatan siswa dalam melakukan pembayaran SPP, pelayanan terhadap guru yaitu kelalaian tenaga administrasi yang kelupaan membuatkan jadwal guru piket, pelayanan terhadap semua pelanggan yaitu pada saat listrik mati sehingga penggunaan komputer dan printer tidak bisa digunakan untuk pelayanan administrasi. Kata Kunci : Administrasi, Tenaga Administrasi, dan Pelayanan. v ABSTRACT Administrative personnel are the main element in managing activities in madrasah. Administrative personnel play an important role in serving, assisting, and directing madrasah resources in meeting their needs in the implementation of education in madrasah. The quality of madrasah administration services can be measured by the level of effectiveness, efficiency and rationality in madrasah administration services. Service quality is indispensable in terms of speed, accuracy, friendliness, and comfort in providing service satisfaction to customers. The focus of this study aims to determine the role of administrative staff, the performance of administrative staff, the strategy of administrative staff, supporting and inhibiting factors for administrative staff in improving service quality at MTs Negeri 1 Bandar Lampung. The research method used is descriptive qualitative research. Data collection techniques use interviews, observation, and documentation methods. Data analysis techniques are reduction, data presentation, conclusion drawing. To analyze the data obtained, researchers used data validity testing using source triangulation. The data sources in this study include the Head of Madrasah, Head of Administration, Administrative Staff, and Teachers. Based on the results of the study, it shows that the role of administrative staff in improving the quality of services at MTs Negeri 1 Bandar Lampung there are 5 indicators including, the role of administrative staff in carrying out their duties, namely personnel administration seen from preparing daily activity books and staffing, and making teacher attendance lists, curriculum administration seen from making and compiling a schedule of activities per semester, Student administration is seen from admitting new students and storing student data, correspondence and filing administration is seen from receiving incoming letters and preparing outgoing letters, as well as archiving in the form of soft files and hard files, administration of facilities and infrastructure is seen from the provision of learning facilities such as classrooms, blackboards, air conditioners, and LCD projectors, providing TU room facilities such as computers and vi printers. In the performance of administrative staff in providing services, namely in the academic field, it can be seen from making a schedule for picket teachers and evaluating learning, in the personnel sector, it can be seen from completing data and letters that will be needed to propose promotions and transfers, in the field of community relations, it can be seen from establishing cooperation with parents of students such as holding seminars on parenting and establishing cooperation with the surrounding community such as inviting to attend events held at the madrasah. In determining the strategy of administrative staff, starting with planning to maximize future performance, organizing is required from the division of labor that has their respective duties and functions, finally evaluating to see the process and results that will be achieved in administrative services in this madrasa. In knowing the supporting factors for administrative staff, it can be seen from services to students, namely making tuition payments on time, services to teachers, namely making KBM schedules and picket teachers, services to all customers, namely providing TU room facilities such as computers, printers, and internet access. In knowing the inhibiting factors for administrative staff, it can be seen from services to students, namely student delays in making tuition payments, services to teachers, namely the negligence of administrative staff who forget to make a schedule for picket teachers, services to all customers, namely when the electricity fails so that the use of computers and printers cannot be used for administrative services. Keywords : Administration, Administrative Staff, and Services

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 May 2024 03:11
Last Modified: 13 May 2024 05:32
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33175

Actions (login required)

View Item View Item