ZELLIKA, RAHMIARY PUTRI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INQUIRY BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI/SD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar e-modul berbasis inquiry based learning pada mata pelajaran Tematik dikelas V MI/SD . Pengembangan ini dilakukan atas dasar kebutuhan peserta didik karena tidak tersedianya bahan ajar berbasis teknologi disekolah. Penelitian ini bertujuan : 1). Mengetahui hasil dari pengembangan e-modul berbasis IBL dalam mata pelajaran tematik pada kelas V MI/SD, 2). Untuk mengasilkan produk yang Layak untuk dikembangkan, berupa e-modul berbasis Inquiry Based Learning pada mata pelajaran Tematik kelas V MI/SD, 3). Mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap hasil belajar mengajar dengan menggunakan e-modul berbasis inquiry based learning dalam mata pelajaran Tematik di kelas V MI/SD. Metode dalam penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) berdasarkan pada model ADDIE yang dimodifikasi dalam buku Sugiyono, yang terdiri dari lima tahapan yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MI Al- Fajar Pringsewu dan MIN 1 Pringsewu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket respon peserta didik dan angket respon pendidik serta angket validasi produk oleh para dosen ahli dalam menilai kelayakan dan kemenarikkan produk. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar e-modul berbasis inquiry based learning pada mata pelajaran tematik dikeas V MI/SD. Hasil validasi 2 ahli materi memperoleh presentase rata-rata 90,5% dengan kategori “Sangat Layak”, hasil validasi 2 ahli bahasa memperoleh presentase rata-rata 86% dengan kategori “Sangat Layak”, dan hasil validasi 2 ahli media memperoleh presentase rata-rata 84,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Pemberian angket respon pendidik mendapatkan skor 95% dengan kategori “Sangat Layak” dan pemberian angket respon peserta didik pada uji coba skala besar dan skala kecil mendapatkan hasil presentase rata-rata 78% dengan kategori “Sangat Menarik”. Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, E-modul, Inquiry Based Learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 07:02 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 07:43 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33021 |
Actions (login required)
View Item |