AJENG, WULANDARI (2024) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN (Studi Kasus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sumbergede Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan sosio emosional anak menjadi sesuatu yang sangat menarik perhatian, pada masa sekarang ini karena saat ini terjadi banyak fenomena perilaku perilaku antisosial dan kurang bersosialisasi serta kurangnya kemampuan anak untuk mengelola emosi dalam aktivitas-aktivitas sosialnya. Lingkungan keluarga sangat berperan dalam mengembangkan social emosional anak usia dini, terutama pada masa era digital saat ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam mengembangkan social emosional anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif study kasus. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumen analisis. Sumber data empat orang tua yang memiliki anak usia dini dengan perkembangan social emosional baik. Hasil data kemudian dianalisis dengan teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukan peran orang tua dalam mengembangkan social emosional anak usia 4- 5 tahun (studi kasus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal sumbergede Lampung Timur), yaitu sebagai berikut : (i) orang tua sebagai tauladan, (ii) orang tua sebagai fasilitator, (iii) orang tua sebagai pengontrol, (iv) orang tua sebagai pembimbing. Peran orang tua dalam mengembangkan sosial dan emosional anak usia dini sangatlah penting, karena masa ini merupakan masa golden age dalam tumbuh kembang anak. Peran orang tua dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak usia dini dalam membantu anak tumbuh menjadi individu yang sehat secara emosional, memiliki keterampilan sosial yang baik, dan mampu berinteraksi dengan orang lain dengan baik. Dukungan dan perhatian orang tua merupakan landasan penting bagi perkembangan sosial emosional positif pada anak. Keywords : Era Digital, Sosial Emosional, Orang Tua, Anak Usia Dini, Gadget iv ABSTRACT The socio-emotional development of children is something that really attracts attention, nowadays because there are currently many phenomena of antisocial behavior and lack of socialization as well as children's lack of ability to manage emotions in their social activities. The family environment plays a very important role in developing the social emotions of early childhood, especially in the current digital era. The aim of this research is to determine the role of parents in developing the social and emotional emotions of early childhood. This research uses a qualitative case study methodology. Data collection takes the form of observations, interviews and document analysis. Data source: four parents who have young children with good social emotional development. The data results were then analyzed using the Triangulation technique. The research results show the role of parents in developing the social emotions of children aged 4-5 years (case study at Aisyiyah Bustanul Athfal Sumbergede Kindergarten, East Lampung), namely as follows: (i) parents as role models, (ii) parents as facilitators, ( iii) parents as controllers, (iv) parents as mentors. The role of parents in developing the social and emotional development of early childhood is very important, because this period is the golden age in children's growth and development. The role of parents in developing the social emotional aspects of early childhood is to help children grow into individuals who are emotionally healthy, have good social skills, and are able to interact with other people well. Parental support and attention is an important foundation for positive social emotional development in children. Keywords: Digital Era, Social Emotional, Parents, Early Childhood, Gadgets
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 06:27 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 10:46 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32915 |
Actions (login required)
View Item |