PENGARUH MANAJEMEN STRATEGI TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI UNIT PELAKSANAAN TEKNIK SD NEGERI 11 GUNUNG TERANG TULANG BAWANG BARAT

Ervyana, Nuril Latifah (2024) PENGARUH MANAJEMEN STRATEGI TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI UNIT PELAKSANAAN TEKNIK SD NEGERI 11 GUNUNG TERANG TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ERVYANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mutu pendidikan saling berkaitan dengan penilaian sejauh mana suatu produk dapat melengkapi kriteria ataupun standar tertentu melalui pengukuran konkret. Mutu pendidikan secara umum ditentukan berdasarkan tingkat keberhasilan keseluruhan upaya pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan, baik mengenai mutu skolastik ataupun non-skolastik. Keberhasilan dan kegagalan pendidikan disekolah bergantung pada guru, kepala sekolah serta pengawas. Hal tersebut tergantung pada manajemen strategi yang dimiliki oleh sekolah. Manajemen dalam arti luas adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan manajemen strategi terhadap peningkatan mutu pendidikan di Unit Pelaksanaan Teknik SD Negeri 11 Gunung Terang Tulang Bawang Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Jenis pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan pengumpulan data serta informasi yang diperoleh langsung dan diamati dari responden. Tempat penelitian yang akan dijadikan tempat untuk mengumpulkan berbagai kelengkapan data dan informasi penelitian adalah di Unit Pelaksanaan Teknik SD Negeri 11 Gunung Terang Tulang Bawang Barat. Hasil dari penelitian adalah, terdapat pengaruh antara manajemen strategi dengan mutu pendidikan. Dengan demikian, artinya, penerapan manajemen strategi dalam pengelolaan lembaga sekolah sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan atau pencapaian pendidikan yang lebih baik, yang sesuai dengan harapan pelanggan. Dengan harapan manajemen strategi dapat menciptakan kondisi sekolah yang efektif dan efisien. Kata Kunci : Manajemen, strategi, mutu, pendidikan. iv ABSTRACT The quality of education is related to the assessment of the extent to which a product can complete certain criteria or standards through concrete measurements. The quality of education in general is determined based on the overall level of success of educational efforts in achieving educational goals, both regarding the quality of scholastic and non-scholastic. The success and failure of education in schools depends on teachers, principals and supervisors. This depends on the management strategy owned by the school. Management in a broad sense is planning, organizing, directing, and controlling organizational resources to achieve goals effectively and efficiently. The purpose of this study was to determine the effect of implementing strategic management on improving the quality of education in the Technical Implementation Unit of SD Negeri 11 Gunung Terang Tulang Bawang Barat. The research approach used in this research is quantitative. The type of data collection used is field research, namely research conducted by collecting data and information obtained directly and observed from respondents. The research location that will be used as a place to collect various complete data and research information is at the Technical Implementation Unit of SD Negeri 11 Gunung Terang Tulang Bawang Barat. The result of the research is that there is an influence between strategic management and learning quality. Thus, it means that the implementation of strategic management in the management of school institutions is very necessary to support the success or achievement of better education, which is in accordance with customer expectations. It is hoped that strategic management can create conditions for schools that are effective and efficient. Keywords: Management, strategy, quality, education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:35
Last Modified: 22 Mar 2024 08:36
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32871

Actions (login required)

View Item View Item