MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTS ARRAYHAN BANGKUNAT PESISIR BARAT

M NURUL, HADI (2024) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTS ARRAYHAN BANGKUNAT PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK M NURUL HADI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan seluruh Indonesia kini telah mengkaji kembali perlunya moral dan budi pekerti atau pendidikan karakter di bangkitkan kembali selain itu juga MTs arayhan Bangkunat pesisir barat merupakah madrasah yang di bawah naungankemnterian agama dan memiiki pendidikan islam yang baik. Sekolahatau madrasah yang terutama aharus di perhatikan adalah bentuk kedisiplinan peserta didik dalam setiap proses pembelajaran maka di selengarakan khsusunya dalam setiap proses pembelajaran maka dari itu di perlukan kerja sama anatra kepala sekolah ,guru,orang tua ,dan siswa dalam rangka meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Berdasarkan teori Buku Mulyasa yang berjudul manajemen dan kepemimpinan kepala madrasah Bahwa prestasi akdemik dapat di prediksi berdasarkan pengetahuan dalam perilaku kepemimpinan kepala sekolah. Hal ini dapat di pahami karena proses Manajemen Strategi kepla madrasah memiliki pengaruh terhadap kinerja sekolah secdara keseluruhan penelitian ini menggunkan jenis penelitian kualitatif deskriftif, subyek penelitian adalah kepala sekolah,waka kesiswaan, wakil kepala sekolah, guru, serta siswa. Objek penelitian ini adalah Manajemen Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. dalam pencarian data peneliti menggunakan metode observasi,wawancara,dan dokumentasi. Hasil penelitian yang di lakukan menujukan bebrapa kesimpulan yang di dapatkan yaitu,(1). Perencanaan ,penerapan,serta evaluasi Manajemen strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MTs Arrayhan bangkunat Pesisir Barat dan mengkaitkan teori yang sudah ada. (2).strategi yang di gunakan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Pertma yaitu,memberikan teladan kepada peserta didik agar mereka dapat mencontoh.kedua, dalam berbagai kesempatan selalu mengingatkan peserta didik untuk selalu mematuhi tata tertib peraturan yang berlaku di sekolah. Ketiga,bekerja sama dengan guru�guru untuk mengawasi tingkah laku peserta didik . keempat, memberikan kegiatan seperti solat berjaamah di masjid,tadarus yang dmana bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan di dalam diri setiap peserta didikk dan tidak membawa handpone .(3). Dampak keberhasilan disiplin yaitu, berdampak pada siswa,guru,dan sekolah, melihat dampakkeberhasilan di MTs Arrayhan Bangkunat merupakan iii prihal yang sangat penting karena dapat menilai kesuseksesan sebuah perencaan lembaga pendidikan dlam mencapai tujuan bersama. Kata Kunci : Manajemen Strategi Kepala Madrasah, Kedisiplinan, Peserta Didik. iv ABSTRACT Education throughout Indonesia has now re-examined the need for morals and character education or character education to be revived. Apart from that, MTs Arayhan Bangkunat West Coast is a madrasah which is under the auspices of the Ministry of Religion and has good Islamic education. What schools or madrassas especially need to pay attention to is the form of student discipline in every learning process, so this is especially carried out in every learning process, therefore cooperation between school principals, teachers, parents and students is needed in order to improve student discipline. Based on the theory of Mulyasa's book entitled management and leadership of madrasah principals, academic achievement can be predicted based on knowledge of the principal's leadership behavior. This can be understood because the madrasah principal's Strategic Management process has an influence on overall school performance. This research used descriptive qualitative research, the research subjects were the principal, head of student affairs, deputy principal, teachers and students. The object of this research is the strategic management of madrasa heads in improving student discipline. In searching for data, researchers used observation, interviews and documentation methods. The results of the research carried out show several conclusions obtained, namely, (1). Planning, implementation and evaluation of the management strategy of the madrasa head in improving student discipline at MTs Arrayhan Benchungnat Pesisir Barat and linking existing theories. (2). strategies used by madrasa heads to improve student discipline. Firstly, namely, providing an example to students so that they can emulate. Second, on various occasions always remind students to always comply with the rules and regulations that apply at school. Third, work together with teachers to monitor student behavior. fourth, providing activities such as congregational prayers at the mosque, tadarus which aims to instill discipline in each student and not bringing cell phones. (3). The impact of discipline success is that it has an impact on students, teachers and schools. Seeing the impact of success at MTs Arrayhan Bangkunat is a very important thing because it can assess the success of an educational institution's planning in achieving common goals. Keywords: Madrasah Head Strategy Management, Discipline, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:19
Last Modified: 18 Mar 2024 08:59
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32755

Actions (login required)

View Item View Item