HOPIPAH, MAHARANI (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Budaya religius adalah sekumpulan nilai agama yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh kepalasekolah,guru,petugas administrasi,peserta didik, dan masyarakat sekolah. Perwujudan budaya tidak hanya muncul begitu saja, tetapi melalui proses pembudayaan.1 Dengan demikian budaya religius disekolah adalah nilai�nilai islam yang dominan yang didukung oleh sekolah atau falsafah yang menuntun kebijakan sekolah setelah semua unsur dan komponen sekolah termasuk stalholders pendidikan. Budaya ini merujuk pada suatu sistem nilai,, kepercayaan, dan norma-norma yang dapat diterima secara bersama, serta dilakukan dengan penuh kesadaran sebagai perilaku islami yang dibentuk oleh lingkungan yang menciptakan pemahaman yang sama diantara seluruh unsur dan personil sekolah baik kepala sekolah, guru, staf, peserta didik, dan komite.2 Permasalahan dalam penelitian ini yaitu strategi kepala sekolah dalam menciptakan budaya religius di SMA Negeri 1 Tumijajar dilihat dari kebijakan dan peraturannya yang dimiliki terbilang baik. Dari kebijakan yang telah disepakati harus lebih dikembangkan melalui strategi dalam bentuk tindakannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menciptakan kebijakan sekolah yang strategis, membangun komitmen pimpinan dan warga sekolah, menerapkan strategi perwujudan budaya religius yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Menciptakan kebijakan yang strategis, Menciptakan Kebijakan yang strategis di SMA Negeri 1 Tumijajar adalah dengan pembuatan program-program yang telah dirumuskan, kepala sekolah dan warga sekolah menjalankan dengan baik dalam setiap kegiatan ektrakulikuler maupun kegiatan belajar mengajar. 2. Membangun komitmen pimpinan dan warga sekolah, Komitmen pimpinan dan warga sekolah meliputi: Komitmen pimpinan, Komitmen siswa, Komitmen orang tua dan Komitmen guru . 3. Menerapkan strategi perwujudan budaya religius yang efektif :Penciptaan suasana religius, Internalisasi nilai, Keteladanan dan pembiasaan, Pembudayaan, Membangun kesadaran diri dan pembentukan Sikap dan perilaku. Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Budaya Religius 1 Ngainum Naim. (t.t.). Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan KarakrerBangsa.h.124. 2 Risnawati Ismail,”Implementasi Budaya Religius Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik”.Tadbir:Jurnal Manajmen Pendidikan Islam Volume 6, Nomor 1:Februari2018,h.57. iv ABSTRACK Religious culture is a set of religious values that underlie behavior, tradisions, daily habits and symbols practiced by school staff, teachers,administrative officers,student and the community. Thus, religious culture in school is the dominant Islamic value supported by the school or the philosophy that guides school policies after all elements andcomponents of the school including educational stakeholders.this culture refers to a system of values, beliefs and norms that can be accepted together, and carried out with full awareness as Islamic behavior that is formed by an environment that creates the same understanding among all school elements and personnel, including princials, teachers, staff,students, and committee. The problem in this research is that the principal’s strategy in creating a religious culture at SMA Negeri 1 Tumijajar, seen from its policies and regulations, is considered good. Of the agreed policies must be futher developed through strategies in the form of action. The aim of this research is to fnd out how to create strategic school policies, build commitment from school leaders and residents, and implement effective strategies for realizing religious culture. The research method uses qualitative methods. Data sources are obtained from primary data and secondary data. The data collection teachniquesused are observation, interviews, and doccumenaton,while data analysis is data reducation, data presentation and drawing conclusions. The results of the research show that. 1. Creating strategic policies at SMA Negeri 1 Tumijajar is by creating programsthat have been formulated, the principal and school community carry out well in every extracurricular activity and teaching and learning activities. 2.build the commitment of the leadership and the school community, the commitment of the school community includes: the commitment of the leadership, thecommitment of the students, the commitment of the students, the commitment of the parents and the commitmen of he teachers. 3. Implement effective strategies for realizing religios culture: creating a religious atmosphere, internalizing values, modeling and habituation, acculturation, building self-awareness and behavior. Keyword: principal strategy, religious culture
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:45 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 04:13 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32743 |
Actions (login required)
View Item |