ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 JATIMULYO LAMPUNG SELATAN

ANITA, DAMA YANTI (2024) ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 JATIMULYO LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ANITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembentukan karakter merupakan tanggung jawab berbagai pihak salah satunya yaitu peran guru untuk membantu mengantisipasi arus globalisasi yang datang, terutama hal-hal yang berkaitan dengan penanaman karakter bagi anak didiknya, peran guru kelas di era globalisasi dituntut untuk dapat membekali peserta didik dengan nilai�nilai karakter terpuji yang tidak cukup hanya disampaikan, tetapi melalui pembiasaan dan keteladanan. Guru memiliki peranan yang sangat penting didalam dunia pendidikan khususnya pada saat kegiatan belajar mengajar, karena pada dasarnya peserta didik memerlukan peran seorang guru untuk membantunya dalam proses perkembangan diri dan pengoptimalan bakat dan kemampuan serta menjadikan peserta didik yang berkarakter. Berdasarkan hasil pra penelitian bahwa masih terdapat peserta didik yang memiliki karakter yang kurang baik, yaitu tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, tidak berpakaian rapi dan berpakaian lengkap ke sekolah, masih terdapat peserta didik yang mencontek ketika mengerjakan tugas, membuang sampah sembarangan, terdapat peserta didik yang tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan masih terdapat peserta didik yang bertengkar dengan temannya. Berdasarkan aturan yang masih dilanggar oleh peserta didik dan dilakukan yang seharusnya tidak dilakukan ini termasuk kedalam perilaku yang kurang baik, sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Jatimulyo Lampung Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan guru kelas V dan peserta didik yang ada di SD Negeri 2 Jatimulyo Lampung Selatan, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai pelengkap. Data dianalisis dengan kualitatif melalui teknik analisis data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan Conclusions drawing/verifying (penarikan kesimpulan). iv Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru kelas V belum sepenuhnya melakukan perannya dalam pembentukan karakter peserta didik, guru kelas V hanya menjalankan perannya sebagai pengajar, pembimbing dan model/contoh, dari enam peran guru yang peneliti teliti yaitu sebagai pengajar, pembimbing, konselor, evaluator, model/contoh, dan pendorong kreativitas. Sehingga peran guru belum maksimal dalam membentuk karakter peserta didik. Kata Kunci : Peran Guru, Pembentukan Karakter Peserta Didik v ABSTRACT Character formation is the responsibility of various parties, one of which is the role of the teacher to help anticipate the coming flow of globalization, especially matters related to character cultivation for their students. The role of class teachers in the era of globalization is required to be able to equip students with character values. commendable, which is not enough just to convey it, but through habituation and example. Teachers have a very important role in the world of education, especially during teaching and learning activities, because basically students need the role of a teacher to help them in the process of self-development and optimizing talents and abilities and making students with character. Based on pre-research results, there are still students who have poor character, namely not doing the assignments given by the teacher, not dressing neatly and fully dressed to school, there are still students who cheat when doing assignments, throw rubbish carelessly, there are students who do not pay attention to what the teacher says during the learning process, and there are still students who fight with their friends. Based on the rules that are still violated by students and doing things that should not be done, this is considered bad behavior, so researchers want to know the role of teachers in forming students' character. The aim of this research is to determine the role of teachers in forming the character of class V students at SD Negeri 2 Jatimulyo South Lampung. This research was conducted using a qualitative descriptive research method involving fifth grade teachers and students at SD Negeri 2 Jatimulyo South Lampung, data collected through observation, interviews and documentation as a complement. The data was analyzed qualitatively through data reduction analysis techniques, data display (data presentation), and Conclusions drawing/verifying (drawing conclusions). Based on the research results, it can be concluded that the fifth grade teacher has not fully carried out his role in forming the character of students, the fifth grade teacher only carries out his role as teacher, guide and model/example, of the six teacher roles that researchers studied, namely as teacher, guide, counselor, evaluator, model/example, and vi encourage creativity. So the teacher's role is not optimal in shaping the character of students. Keywords: Teacher's Role, Formation of Student Character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:58
Last Modified: 26 Feb 2024 03:12
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32475

Actions (login required)

View Item View Item