PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN APLIKASI CANVA BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA

NETTY, ARMITA (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN APLIKASI CANVA BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI NETTY ARMITA BAB 1,2,5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NETTY ARMITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan menyatakan bahwa kebutuhan akan bahan ajar yang dapat menunjang proses pembelajaran kurikulum merdeka masih sangat dibutuhkan. Bahan ajar yang sebelumnya dipakai hanya berupa buku cetak dan Microsoft PowerPoint. Penggunaan media pembelajaran yang tepat pada proses belajar mengajar dapat meningkatkan tingkat pemahaman siswa dan meningkatkan antusiasme belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran fisika dengan aplikasi canva berbasis sociocsientific issues untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa, mengetahui kelayakan video pembelajaran menurut para ahli, mengetahui respon guru dan siswa terhadap video pembelajaran fisika serta mengetahui keefektivan video pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluate). Instrumen penelitian ini berupa angket validasi produk ahli materi dan ahli media, kuesioner respon guru dan siswa, serta lembar observasi dan lembar tes kemampuan komunikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu produk berupa video pembelajaran dengan aplikasi canva berbasis socioscientific issues untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa yang sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini karena produk telah memenuhi tahapan uji validasi dan uji coba, dengan hasil validasi memperoleh persentase sebesar 82,59% menurut ahli materi, dan 86,34% menurut ahli media. Tahap uji coba memperoleh persentase sebesar 88% menurut hasil respon siswa, dan sebesar 88% menurut hasil respon guru pada tahap uji coba lapangan. Berdasarkan hasil lembar observasi sebesar 72,09% dan lembar tes kemampuan komunikasi sebesar 78,69%, dikatakan bahwa video pembelajaran fisika efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Socioscientific Issues, Kemampuan Komunikasi. iv ABSTRACT Based on the observation results, it is stated that there is still a significant need for teaching materials that can support the independent curriculum learning process. The previously used teaching materials were only printed books and Microsoft PowerPoint. The appropriate use of instructional media in the teaching and learning process can enhance students' understanding and increase their learning enthusiasm. Therefore, appropriate instructional media are needed in education. This research aims to develop physics learning videos using the Canva application based on socioscientific issues to improve student's communication skills, assess the feasibility of the learning videos according to experts, examine teachers and student’s responses to the physics learning videos, and determine the effectiveness of the videos in enhancing student’s communication skills. The research method employed is research and development (R&D) using the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). The research instruments include validation questionnaires for content and media experts, questionnaires for teacher’s and student’s responses, as well as observation sheets and communication skills test sheets. The results of this study are a product in the form of learning videos with the Canva application based on socioscientific issues to enhance student’s communication skills, which is highly suitable for use in education. This is because the product has passed the validation and trial stages, with a validation percentage of 82.59% according to content experts and 86.34% according to media experts. The trial stage obtained a percentage of 88% based on student responses and 88% based on teacher responses during the field trial. According to observation sheets (72.09%) and communication skills test sheets (78.69%), it is concluded that the physics learning videos are effective in improving students' communication skills in education. Keywords: Learning Videos, Socioscientific Issues, Communication Skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:01
Last Modified: 15 Jan 2024 08:06
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32008

Actions (login required)

View Item View Item