LAYANAN INFORMASI MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM MEMBENTUKAKHLAKUL KARIMAH ANAK TUNAGRAHITA DI SLB KURNIA PONCOWATILAMPUNG TENGAH

Indah, Permata Hati (2024) LAYANAN INFORMASI MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM MEMBENTUKAKHLAKUL KARIMAH ANAK TUNAGRAHITA DI SLB KURNIA PONCOWATILAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SIAP INDAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus (children with special needs) membutuhkan suatu strategi tersendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sepertihalnya anak yang mengalami anak berkebutuhan khusus yang memiliki kelemahan dalam berfikir dan bernalar (tunagrahita), hal ini merupakan keadaan yang sudah ada sejak lahir, dimana dia memiliki kesulitan dalam menyesuaikan diri, memahami sesuatu, dan mengikuti keadaan yang normal disekitarnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan informasi media cerita bergambar membentuk akhlakul karimah anak tunagrahita di SLB Kurnia Poncowati. Jenis penelitian yang digunakan adalah lapangan (field research) dengan menggunakan data primer dan data sekunder dalam pengumpulan data. Data primer sebanyak 2 guru bimbingan konseling dan 3 orang tua anak tunagrahita. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data tersebut dianalisis karena penelitian ini menggunakan tiga langkah yaitu, reduksi data, penyajian data verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitain ini adalah layanan informasi yang diberikan guru dengan menggunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan akhlakul karimah anak tunagrahita di SLB Kurnia Poncowati. Siswa sudah terbentuk akhlakul karimahnya dengan dilakukannya layanan informasi oleh guru dengan memanfaatkan video dalam pembelajaran seperti pembiasaan membaca surat pendek, bersalaman dengan guru, senyum pada saat bertemu guru, sopan dan santun kepada guru, orang tua dan teman, suka menolong sesama teman dan lain sebagainya. Upaya yang telah dilakukan guru pembimbing dalam membentuk karakter akhlakul karimah anak tunagrahita sudah terlihat dalam menjalankan kewajiban yang sudah ditetapkan oleh Allah pada setiap manusia dilihat dari akhlak siswa terhadap siswa lainnya, siswa juga sudah mampu berkomunikasi dengan baik terhadap lingkungan sekitar. Pemberian layanan informasi ini memberikan dampak positif siswa dalam membentuk akhlakul karimah yang ada pada diri siswa. Kata Kunci: Layanan Informasi, Media Bercerita Gambar, Akhlakul Karimah. ABSTRACT Learning for children with special needs (Children With Special Needs) requires a separate strategy according to their individual needs. When preparing learning programs for each field of study, the class teacher should have personal data for each student. Like children with special needs who have weaknesses in thinking and reasoning (mental retardation), this is a condition that has existed since birth, where they have difficulty adapting, understanding things, and following normal conditions around them. The aim of this research is to determine the information services of picture story media in shaping the morals and morals of mentally retarded children at SLB Kurnia Poncowati. The type of research used in this thesis is field research. In qualitative research, the data collected includes primary data and secondary data. Primary data is data obtained from the first source. In this research, the primary data is direct interviews with informants. The selection of informants was carried out, first, using a purposive sampling technique. Primary data consisted of 2 guidance and counseling teachers and 3 parents of mentally retarded children. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation methods. All of this data was analyzed because this research used three steps, namely, data reduction, presentation of verification data or drawing conclusions. Based on the research results obtained, it can be concluded that the information servicesprovided by teachers using image media can improve the morals and morals of mentally retarded children at SLB Kurnia Poncowati. Students have had their morals developed by providing information services by teachers such as the habit of reading short letters, having good ethics towards teachers, parents and friends, liking to help fellow friends and so on. The efforts that have been made by supervising teachers in forming the moral character of tungrahita children can be seen in their awareness of carrying out the obligations that havebeen established by God for every human being, seen from the students' morals towards other students, students have also been able to communicate well with their surroundings. Providing this information service has a positive impact on students in forming their own morals. Keywords: Information Services, Image Storytelling Media, Akhlakul Karimah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:59
Last Modified: 12 Jan 2024 02:59
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31981

Actions (login required)

View Item View Item