SEFTI, YUSEVA (2023) HUBUNGAN PERILAKU BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV MIN 2 LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Perilaku belajar yang terjadi pada para peserta didik dapat dikenal baik dalam proses maupun hasilnya. Materi dalam mata pelajaran Akidah Akhlak yang luas dan tingkat perilaku belajar peserta didik yang beraneka ragam, ketidaksamaan perilaku belajar yang ada pada peserta didik mengakibatkan tingkat pencapaiaan hasil belajar Akidah Akhlak para peserta didik berbeda pula. Perbedaan pencapaian hasil belajar yang terjadi pada peserta didik diketahui berdasarkan data hasil wawancara dengan wali kelas sekaligus guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV MIN 2 Lampung Barat, dokumentasi dan penyebaran angket yang dilakukan pada saat penelitian diperoleh informasi bahwa perilaku belajar peserta didik baik sehingga hasil belajar pun berdampak baik, meskipun masih ada beberapa peserta didik yang berperilaku kurang baik dan hasil belajar cendrung rendah. Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya perilaku belajar dan hasil belajar peserta didik MIN 2 Lampung Barat, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan perilaku belajar dengan Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Akidah Akhlak Kelas IV MIN 2 Lampung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain korelasi. Penelitian ini dilakukan di MIN 2 Lampung Barat dengan jumlah sampel 54 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara Perilaku Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas IV MIN 2 Lampung Barat. Hal ini dibuktikan dari nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,524, dan r tabel yaitu sebesar 0,268, yang berarti r hitung 0,524> r tabel 0,268, artinya semakin tinggi perilaku belajar yang dimiliki peserta didik maka semakin tinggi pula Hasil Belajar peserta didik Pada Pembelajaran Akidah Akhlak, dan begitupun sebaliknya. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti diterima dengan kesimpulan adanya Hubungan antara Perilaku Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas IV MIN 2 Lampung Barat. Kata Kunci: Perilaku Belajar, Hasil Belajar, dan Akidah Akhlak iv ABSTRACT The learning behavior that occurs in students can be known both in the process and in the results. The material in the Aqidah Moral subject is broad and the levels of learning behavior of students are varied, the dissimilarity of learning behavior among students results in different levels of achievement of the learning outcomes of Moral Creed among students. The differences in achievement of learning outcomes that occur among students are known based on data from interviews with the homeroom teacher as well as the Aqidah Akhlak subject teacher for class IV MIN 2 West Lampung, documentation and distribution of questionnaires conducted at the time of the research. Information was obtained that the students' learning behavior was good so that learning outcomes also has a good impact, although there are still some students who behave less well and learning outcomes tend to be low. The problem of this research is that the learning behavior and learning outcomes of MIN 2 West Lampung students are still low. This research aims to find out whether there is a relationship between learning behavior and student learning outcomes in Class IV Moral Aqidah learning at MIN 2 West Lampung. The research method used is a quantitative method with a correlation design. This research was conducted at MIN 2 West Lampung with a sample size of 54 students with a sampling technique using purposive sampling. The results of the research show that there is a relationship between learning behavior and student learning outcomes in Class IV Moral Creed Learning, MIN 2 West Lampung. This is evidenced by the product moment correlation coefficient value of 0.524, and the r table which is 0.268, which means the calculated r is 0.524> r table 0.268, meaning that the higher the learning behavior of students, the higher the student learning outcomes in learning moral beliefs. , and vice versa. Thus, the hypothesis proposed by the researcher was accepted with the conclusion that there was a relationship between learning behavior and student learning outcomes in the learning of moral beliefs in Class IV MIN 2 West Lampung. \ Keywords: Learning Behavior, Learning Outcomes, and Moral Creeds
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 01:59 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 03:02 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31944 |
Actions (login required)
View Item |