EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP ISLAM NURUL HIDAYAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

KHOIRUNNISA, Muhammad Asror (2024) EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP ISLAM NURUL HIDAYAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of full skripsi nisa.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan supervisi kepala sekolah dapat memberikan bimbingan, membantu menyelesaikan persoalan pendidik, melakukan pengawasan, menciptakan ikatam antar individu dan penilaian hasil kerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu: a) untuk mengetahui bagaimana bimbingan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Islam Nururl Hidayah Tulang Bawang Barat. b) untuk mengetahui bagaimana supervisi kepala sekolah dalam membantu menyelesaikan persoalan pendidik di SMP Islam Nurul Hidayah Tulang Bawang Barat. c) untuk mengetahui bagaimana supervisi kepala sekolah dalam melakukan pengawasan di SMP Islam Nurul Hidayah Tulang Bawang Barat. d) untuk mengetahui bagaimana supervisi kepala sekolah dalam menciptakan iakatan antar individu. e) untuk mengetahui bagaimana supervisi kepala sekolah dalam penilaian hasil kerja di SMP Islam Nurul Hidayah Tulang Bawang Barat. Penenlitian ini menggunakan penekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, yang berupa kata-kata tertulis ataupun perkataan atau lisan dari subyek yang diamati yaitu kepala sekolah dan juga pendidik atau guru. Hasil dari penenlitian ini menunjukkan bahwa efektivitas supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yang mencakup pengarahan, membantu memecahkan masalah guru, melaksanakan pengawasan, menciptakan hubungan antar pribadi dan penilaian hasil kerja dalam kategori berjalan dengan baik, namun pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Islam Negeri Nurul Hidayah Tulang Bawang kurang efektif dikarena karena faktor saran dan prasarana guru yang masi terkendala oleh jarak sekolah dengan rumah yang memakan waktu dan juga rasa tanggung jawab dari pendidik yang kurang sehingga tidak efektif dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru iv ABSTRACT Principal supervision activities can provide guidance, help solve educator problems, supervise, create bonds between individuals and evaluate work results. The aims of this study are: a) to find out how the principal's guidance improves teacher performance at Islamic Middle School Nururl Hidayah Tulang Bawang Barat. b) to find out how the supervision of school principals helps solve educator problems at Nurul Hidayah Tulang Bawang Barat Islamic Middle School. c) to find out how the supervision of the principal in carrying out supervision at Islamic Middle School Nurul Hidayah Tulang Bawang Barat. d) to find out how the principal supervises in creating bonds between individuals. e) to find out how the supervision of the school principal in assessing work results at Nurul Hidayah Tulang Bawang Barat Islamic Middle School. This research uses a qualitative approach with data collection techniques, namely by means of interviews, observation and documentation, in the form of written or verbal words from the subjects observed, namely the principal and also educators or teachers. The results of this study indicate that the effectiveness of school principal supervision in improving teacher performance which includes directing, helping to solve teacher problems, carrying out supervision, creating interpersonal relationships and evaluating work results in the category goes well, but the implementation of school principal supervision in improving teacher performance in Nurul Hidayah Tulang Bawang State Islamic Middle School is less effective because of the teacher's advice and infrastructure factors which are still constrained by the time-consuming distance between school and home and also the lack of a sense of responsibility from educators so that it is not effective in carrying out learning at school. Keyword : School principal supervision, teacher performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:50
Last Modified: 09 Jan 2024 08:22
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31939

Actions (login required)

View Item View Item