ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK BERLABEL HALAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Angkatan 2020 UIN Raden Intan Lampung)

REFA, WENI CINTIA (2023) ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK BERLABEL HALAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Angkatan 2020 UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of COVER BAB1&5+DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk mayoritas umat Islam terbesar di dunia. Islam tidak hanya ditinjau menjadi sebuah kepercayaan saja, namun menjadi sesuatu pedoman yang berlaku bagi setiap pribadi muslim itu sendiri, sehingga mencakup seluruh aspek kehidupan. Halal lifestyle saat ini menjadi trend global. Banyak Negara di belahan dunia tengah berupaya menerapkan system halal lifestyle. Adanya perkembangan tersebut menyebabkan meningkatnya permintaan akan produk halal di seluruh dunia. Salah satu produk halal yang ikut berkembang di Indonesia yaitu produk kosmetik. Penggunaan kosmetik saat ini hampir menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. dalam memenuhi kebutuhannya, seseorang akan memilih produk yang dapat memberikan kepuasaan tertinggi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah faktor budaya, faktor pribadi, faktor sosial, dan faktor psikologis memiliki hubungan yang signifikan secara parisal maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik berlabel halal? Serta bagaimana perspektif ekonomi islam terhadap faktor faktor tersebut pada keputusan pembelian? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dimana penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada 96 responden dengan tekhnik pengambilan sampel menggunakan tekhnik kombinasi antara metode sampling accidental dan pusposive sampling pada konsumen produk kosmetik berlabel halal terhadap mahasiswa Fakultas Dakwah Angkatan 2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor budaya(X1), faktor sosial(X2), faktor pribadi(X3), dan faktor psikologis(X4) baik secara simultan maupun parsial, memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) kosmetik berlabel halal pada mahasiswa fakultas Dakwah Angkatan 2020 UIN Raden Intan Lampung. Kata Kunci : Kosmetik Berlabel Halal. Perilaku Konsumen. dan Keputusan Pembelian. ABSTRACT Indonesia is one of the countries with the largest Muslim majority population in the world. Islam is not only viewed as a belief, but as a guideline that applies to every individual Muslim, so that it covers all aspects of life. Halal lifestyle is currently a global trend. Many countries around the world are trying to implement a halal lifestyle system. This development has led to increased demand for halal products throughout the world. One of the halal products that is developing in Indonesia is cosmetic products. The use of cosmetics is now almost a primary need for society. In fulfilling their needs, someone will choose a product that can provide the highest satisfaction. The problem in this research is whether cultural factors, personal factors, social factors and psychological factors have a significant relationship simultaneously or simultaneously with the decision to purchase cosmetic products labeled halal? And what is the Islamic economic perspective on these factors in purchasing decisions? This research uses a quantitative type of research. Where this research uses primary data obtained from distributing questionnaires to 96 respondents with a sampling technique using a combination of accidental and purposive sampling methods among consumers of cosmetic products labeled halal to students of the Faculty of Da'wah Class of 2020. The results of the research show that cultural factors (X1), social factors (X2), personal factors (X3), and psychological factors (X4) both simultaneously and partially, have an influence on purchasing decisions (Y) of halal-labeled cosmetics among students at the Da'wah Force faculty. 2020 UIN Raden Intan Lampung. Keywords : Cosmetics Labeled Halal. Consumer Behavior. and Purchasing Decisions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:44
Last Modified: 12 Dec 2023 06:44
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31476

Actions (login required)

View Item View Item