IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HIDAYAH LABUHAN RATU PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR

HAPPY, EKA PUSPITA (2023) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HIDAYAH LABUHAN RATU PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI BB HAPPY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala madrasah MTs Miftahul Hidayah Labuhan Ratu memiliki peran yang sangat penting terhadap kinerja guru yang ada disana, kepala madrasah merupakan pengawas sekaligus penanggung jawab atas tinggi rendahnya kinerja pendidik yang ada di madrasah tersebut. Salah satu tugas kepala madrasah selaku pengawas adalah mensupervisi pekerjaan yang telah dilaksanakan oleh para guru, selain itu kepala madrasah juga bertugas untuk membantu guru dalam memperbaiki, meningkatkan dan mengembangkan kinerjanya dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam hal ini, kepala madrasah dapat melakukan supervisi klinis dikarenakan supervisi klinis merupakan salah satu pendekatan supervisi akademik yang dilakukan secara face to face atau tatap muka secara langsung antara kepala madrasah dan guru. Hal ini dapat membuat kepala madrasah akan lebih memahami apa saja kesulitan atau permasalahan yang dihadapi guru didalam kelas. Dalam pelaksanaan supervisi klinis, kepala madrasah MTs Miftahul Hidayah melakukan dengan tiga tahapan, diantaranya: tahap pertemuan awal, tahap observasi kelas, dan tahap pertemuan balikan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana tahap pertemuan awal, tahap observasi kelas, dan tahap pertemuan balikan supervisi klinis yang ada di MTs Miftahul Hidayah Labuhan Ratu, Pasir Sakti, Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden dari penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru. Kemudian, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif yang berdasarkan pada pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan kesimpulan atau verifikasi data. Selain itu, penulis melakukan uji keabsahan data dengan menggunakan 2 teknik, yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Miftahul hidayah Labuhan Ratu Pasir Sakti Lampung Timur telah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan supervisi klinis yang dilakukan oleh kepala madrasah dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan, yaitu: tahap pertemuan awal, tahap observasi kelas, dan tahap pertemuan balikan. 1) Pada tahap pertemuan awal kepala madrasah menciptakan suasana akrab dengan guru yang dilakukan pada saat jam istirahat atau ketika iii jam pelajaran berakhir, dengan waktu kurang lebih 60 menit dan ruang yang digunakan biasanya ruang tamu guru atau ruang kelas. Kepala madrasah menentukan fokus observasi dengan cara mengkaji rencana pembelajaran yang dibuat guru dan memastikan feedback yang diinginkan guru. Instrumen supervisi klinis dibuat berdasarkan kebutuhan guru. Mekanisme pelaksanaan observasi yang harus ditentukan meliputi jadwal, durasi, ruangan, tempat duduk supervisor, dan materi serta perangkat pendukung. Teknik supervisi yang digunakan adalah teknik supervisi kolaborasi. 2) Pada tahap observasi kelas kepala madrasah mencatat dan merekam kegiatan observasi dengan menggunakan teknik selective verbatim. Dengan alat catat berupa buku jurnal dan alat rekam berupa handphone pribadi. Hasil observasi akan digunakan untuk menganalisis kelemahan dan keunggulan yang terdapat dalam pembelajaran, sekaligus mencari tahu penyebab kelemahan dan cara mengatasinya. 3) Pada tahap pertemuan balikan kepala madrasah memberikan penguatan terhadap penampilan guru. Jika sudah baik maka akan diberikan apresiasi atau pujian. Namun jika sebaliknya, maka akan diberikan motivasi. Pada tahap ini juga kepala madrasah akan membuat kesepakatan-kesepakatan berdasarkan kesimpulan dari hasil observasi. Jika terdapat kesepakatan yang belum tercapai, maka akan terjadi pengulangan perbaikan. Namun jika kesepakatan telah tercapai maka akan dibuat kesepakatan sebagai bentuk perbaikan dan peningkatan / pengembangan. Kata Kunci : Supervisi Klinis, Kinerja Guru. iv ABSTRACT A significant factor in the effectiveness of teachers' work is the principal of MTs Miftahul Hidayah Labuhan Ratu. where the MTs Miftahul Hidayah principal serves as a supervisor and is responsible for the excellent and negative performance of educators. One of his responsibilities as a supervisor is to monitor the work carried out by teachers, as well as to assist teachers in improving and developing their performance in carrying out learning. In this case, the principal can practice clinical supervision, which is one of the academic supervision approaches carried out by direct face-to-face between the principal and the teacher. This can make it easier for principal to identify the difficulties and problems faced by teachers in the classroom. In the implementation of clinical supervision, the principal of MTs Miftahul Hidayah has three stages, including: the initial meeting stage, the class observation stage, and the feedback meeting stage. The problem formulation of this research is to find out how the initial meeting stage, the class observation stage, and the clinical supervision feedback meeting stage at MTs Miftahul Hidayah Labuhan Ratu, Pasir Sakti, East Lampung. This research uses qualitative descriptive theory with collection techniques through interviews, observation, and documentation. The respondents of this research are the principal, the head of curriculum, and teachers. Data analysis using qualitative techniques is based on data collection, data reduction, data presentation and ends with conclusions or data verification. In addition, the author tested the validity of the data using 2 techniques, namely: triangulation of sources and triangulation of techniques. The results of the research show that MTs Miftahul Hidayah Labuhan Ratu Pasir Sakti East Lampung has effectively applied clinical supervision to enhance teacher effectiveness. Three steps are used by the principal to implement clinical supervision: the first meeting, the class observation stage, and the feedback meeting stage. 1) During the first meeting, the principal uses the school living room or classroom to establish a personal atmosphere with the teacher. This takes place during break or class period, extending around sixty minutes. By looking over the instructor's lesson plan and making sure the teacher receives the feedback they need, the principal decides what the observation's main focus will be. The needs of teachers inform the creation of clinical supervision tools. It is necessary to ascertain the observation mechanism, which consists of the timetable, duration, v area, seat for the supervisor, and any necessary equipment and materials. Collaborative supervision is the method of supervision that is applied. 2) The principal uses chosen verbatim approaches to record observation activities during the classroom observation stage. use a journal book as a recording tool and a personal cellphone as a recording device. The observations' findings will be utilized to examine the learning process's strengths and weaknesses, as well as to identify the main causes of problems and strategies for resolving them. 3) In the feedback meeting, the principal appreciates the teacher for their work. If it is good, the teacher will get recognition. On the other hand, it will receive motivation if not as well. At this point, the MTs Miftahul Hidayah principal will reach a decision based on the findings from the observational data. If an agreement cannot be reached, the improvements will be made again. If agreement is formed, however, an agreement will be made for the purpose of advancement, or development. Keywords : Clinical Supervision, Teacher Performance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2023 06:40
Last Modified: 30 Nov 2023 06:40
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31319

Actions (login required)

View Item View Item