SARMIYATUN, Sumaryo (2023) ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V DI SD N 1 HARAPAN JAYA SUKARAME. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Keterampilan berbicara sangat penting bagi Peserta Didik untuk mempermudah komunikasi. Peserta Didik yang terampil berbicara akan dapat berbicara secara verbal dan nonverbal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berbicara Peserta Didik dan faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara Peserta Didik kelas V SDN 1 Harapan Jaya Sukarame. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan metode kualitatif. Informan atau responden dalam penelitian ini adalah Pendidik kelas dan Peserta Didik kelas V SDN 1 Harapan Jaya Sukarame. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan instrumen lembar wawancara keterampilan wawancara Peserta Didik. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan uji keabsahan yang digunakan adalah dengan triangulasi sumber, metode dan penyidik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan keterampilan berbicara Peserta Didik kelas V SDN 1 Harapan Jaya Sukarame dikategorikan cukup baik. Hal ini berdasarkan pada aspek pelafalan, aspek parabahasa, aspek kebahasaan, aspek isi pembicaraan dan aspek mimik tubuh yang dikategorikan cukup baik. Sedangkan faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara Peserta Didik adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu motivasi dan kecerdasan. Sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan, bahasa ibu dan sosial media. Kata Kunci: Aspek Verbal, Aspek Non Verbal, Keterampilan Berbicara iii ABSTRACT Speaking skills are very important for students to facilitate communication. Students who are skilled at speaking will be able to speak verbally and non-verbally. The purpose of this research is to determine students' speaking skills and the factors that influence the speaking skills of class V students at SDN 1 Harapan Jaya Sukarame. The research method used is descriptive research and qualitative methods. The informants or respondents in this research were class educators and class V students at SDN 1 Harapan Jaya Sukarame. The data collection technique used was interviews with the Student Interview Skills Interview Sheet instrument. The data analysis used is data reduction, data presentation and drawing conclusions and verification. Meanwhile, the validity test used is triangulation of sources, methods and investigators. Based on the results of research conducted, the speaking skills of class V students at SDN 1 Harapan Jaya Sukarame were categorized as quite good. This is based on the pronunciation aspect, paralanguage aspect, linguistic aspect, speech content aspect and body expression aspect which are categorized as quite good. Meanwhile, the factors that influence students' speaking skills are internal factors and external factors. Internal factors are motivation and intelligence. Meanwhile, external factors are the environment, mother tongue and social media. Keywords: Verbal Aspects, Non Verbal Aspects, Speaking Skills
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 04:31 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 04:31 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31185 |
Actions (login required)
View Item |